Pertama di Indonesia, Pelabuhan PHR WK Rokan Sudah Kantongi Sertifikat ISPS Code

Kamis 19-09-2024,05:55 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

Sementara itu, Manager HCT Operations PHR WK Rokan, Achmad Ubaydillah menerangkan, latihan gabungan ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk memastikan kesiapsiagaan dan respon yang cepat, tepat, andal dan terukur.

BACA JUGA:150 Mitra Kerja Penyedia Barang dan Jasa PHR Regional Sumatera Ikuti Kegiatan Supplier Engagement Day

BACA JUGA:Program Energi Berdikari PHR Ciptakan Sirkulasi Ekonomi Warga Mukti Sari Kampar

Dengan demikian setiap fungsi saling memahami prosedur dan tata cara penggunaanya dalam mengahadapi kondisi kedaruratan. 

"Latihan ini juga bertujuan membentuk personel yang terlatih, siap dalam penyediaan peralatan dan logistik yang diperlukan saat darurat seperti kebakaran, demo/sabotase, penanggulangan tumpahan minyak, evakuasi medis dan lain-lain, " ungkapnya. 

Dalam latihan ini, PHR juga melibatkan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia – Kota Dumai, BEM Kota Dumai dan kelurahan Buluh Kasap.  

Latihan gabungan keadaan darurat ini merupakan komitmen PHR dalam Pemenuhan PP No 31/2021 Pasal 212.2.a tentang ISPS Code dan PM Perhubungan No 58/2013 Pasal 9.2 tentang Penanggulangan Tumpahan Minyak di perairan.

BACA JUGA:Sukses Jalankan Program IDESS, PHR Berhasil Tajak Sumur Perdana di Blok Rokan

BACA JUGA:PHR Berhasil Tambah Produksi Minyak dari Lapangan Tua Blok Rokan, Sempat Tak Produktif, Segini Hasilnya? 

ISPS Code ini mengatur operasi maritim guna memastikan keamanan pelabuhan, kargo, kapal, dan awak kapal. 

ISPS Code merupakan standar internasional yang diterapkan pada pelabuhan-pelabuhan dan kapal, yang memungkinkan mereka untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mencegah kejadian yang dapat mengancam keamanan maritim.

“Kami berkomitmen untuk selalu sigap menghadapi berbagai situasi darurat dan memastikan keselamatan semua pihak yang terlibat dalam operasi di WK Rokan. 

Latihan gabungan ini adalah bagian dari upaya PHR berkolaborasi dengan seluruh pihak yang mendukung, untuk terus meningkatkan kemampuan respon dan koordinasi dalam menghadapi ancaman nyata,” ujarnya.

BACA JUGA:Dumai Expo 2024, PHR Bersama SKK Migas Berikan Edukasi Tentang Migas untuk Masa Depan

BACA JUGA:Kolaborasi Elnusa dan PHR Sukses Rampungkan Proyek Survei Seismik 3D Balam South East

Dijelaskan Ubay bahwa operasi WK Rokan memiliki panduan operasional dengan prosedur yang tertata dan terus diperbaharui. 

Kategori :