Soleman M.Pd.I: Pilkada Serentak Ajang Pergulatan Sang Pemimpin dan Pemimpi

Kamis 10-10-2024,10:21 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Iqbal DJ

Di mana tegasnya para calon kandidat kepala Daerah sebagai calon Pemimpin haruslah memiliki kompetenssi manajerial pemerintahan yang baik, sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin daerah dapat memenuhi harapan dan keininginan rakyat yang sejalan dengan amanah konstitusi dan menjalankannnya sesuai denga regullasi perundang-undangan yang berlaku.

Namun fakta dilapangan, salah satu efek domino pemilihan langsung adalah adanya aktifitas kampanye untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas yang berimbas pada beragamnya cara yang dilakaukan dalam berkampanye.

Salah satu contoh seperti adanya janji-janji ataupun visi-misi yang dilakukan para calon kandidat  kepada rakyat sebagai konstituen, ataupun ototkritik kebijakan kepada kepala daerah definitif yang sedang menjabat, sehingga menimbulkan citra bahwa ide-ide kampanye para calon kandidat terkesan akan memiliki kebijakan-kebijakan lebih baik daripada kebjakan Kepala daerah sebelumnya. 

Namun faktanya saat calon kandidat telah menang dan menjabat sebagai kepala daerah kebijakan-kebijakan yang dilakukan tidak lebih baik dengan kebijakan-kebijakan pendahulunya bahkan terkadang rakyat dibuat bingung karena terdapat banyak kasus ganti pemimpin ganti pula kebijakan.

BACA JUGA:Tahun Politik, Guru dan Penyuluh di Sumsel Diharapkan jadi Duta Moderasi dan Perdamaian Pilkada

Maka dari itu yang perlu menjadi catatan penting dalam Pilkada serentak nanti, diharapkan rakyat sebagai konstituen mampu jeli dan cerdas dalam memilih para calon kandidat Kepala daerah. Tegasnya bisa mengenali (meskipun dalam kacamata subjektif) manakah calon kandidat yang memiliki karakter seorang pemimpin dalam arti yang memeliki kompetensi manajerial mumpuni bukan terlena dengan seorang pemimpi yang hanya mengandalkan janji-janji kampanye, penuh dengan retorika dan kemampuan berorasi. 

Dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara serta hubungan internasional saat ini semakin kompleks dan heterogen, bangsa ini  membutuhkan pemimpin-pemimpin yang berkarakter, cepat tanggap dalam menghadapi problematika kebangsaan yang begitu dinamis, bukan terpaku pada keluwesan orasi namun mengarah pada kecerdasan aksi dalam mengimplementasikan solusi.

 

Kategori :