“Mitra binaan memiliki kemampuan mengenalkan program yang dijalankan oleh perusahaan dengan baik dalam pelaksanaan program,” ujarnya, Rabu, 23 Oktober 2024.
Kecakapan berkomunikasi juga menjadikan anggota kelompok mitra binaan, terutama kelompok UMKM dapat mengemas pesan dengan lebih efektif saat berinteraksi dengan konsumen.
BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Dorong Pekerja Melek Literasi Finansial
BACA JUGA:7 Tips Agar Public Speakingmu Cas Cis Cus, Dijamin Keren Seperti Top Motivator
“Melalui komunikasi publik yang baik, pelaku UMKM dapat lebih efektif menyampaikan nilai produk dan menarik minat konsumen, terutama di tengah persaingan pasar yang semakin ketat,” jelas Perliansyah.
Bisa Unjuk Gigi
Berada di tengah persaingan pasar dan serbuan layanan digital yang kian canggih, kemampuan berbicara tetap menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh komunitas masyarakat.
Apalagi, bagi Ketua kelompok UMKM Jasmin Suger Novi Susanti.
BACA JUGA:6 Tips Menghilangkan Kebiasaan Kata 'Eee' dan 'Hmm' dalam Public Speaking
BACA JUGA:6 Dasar Public Speaking yang Bikin Auto Jago Ngomong Depan Umum, JANGAN DISKIP!
Wanita paruh baya ini menggerakkan 14 orang anggota dalam kelompok tersebut.
Ia mengaku kerap merasa gugup dan tidak maksimal saat harus mempromosikan produk UMKM.
“Setelah mengikuti pelatihan ini, saya semakin yakin bisa unjuk gigi, bisa memberikan penjelasan dan promosi produk UMKM dengan lebih baik kepada calon konsumen,” jelas Novi.
Dukung Tujuan SDGs dan ESG
Pelatihan Public yang digelar oleh Kilang Pertamina Plaju ini sejalan dengan komitmen dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8.