Yuk Dicatat! Beberapa Kendala Terkait Pencairan BPJS Ketenagakerjaan yang Harus Kamu Ketahui Beserta Solusinya

Selasa 11-02-2025,18:53 WIB
Reporter : Try Dina
Editor : Try Dina
Yuk Dicatat! Beberapa Kendala Terkait Pencairan BPJS Ketenagakerjaan yang Harus Kamu Ketahui Beserta Solusinya

PALPRES.COM - Beberapa kendala yang sering dihadapi ketika seorang pekerja akan mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan miliknya.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program jaminan sosial yang memberikan perlindungan bagi pekerja di Indonesia. 

Salah satu manfaat utama yang paling dinantikan adalah pencairan dana dari Jaminan Hari Tua (JHT) atau Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). 

Namun, dalam praktiknya, banyak peserta menghadapi kendala saat mengajukan pencairan.

BACA JUGA:CAP CUS GUYS! Saldo DANA Kaget Cair Per 12 Februari 2025, Begini Cara Klaimnya Agar Dapat

BACA JUGA:Link DANA Kaget Hari Ini, Saldo Bisa Masuk Akunmu Sekarang Juga Buruan Diklaim Kuota Cuma 20 Orang!

Berikut beberapa problematika pencairan BPJS Ketenagakerjaan, penyebabnya, serta solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Kendala yang Sering Terjadi dalam Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Data Tidak Valid atau Tidak Sinkron

Perbedaan data antara KTP, Kartu Keluarga (KK), dan BPJS Ketenagakerjaan sering kali menjadi penyebab pengajuan ditolak.

BACA JUGA:Tayang Februari 2025, Film Bad Genius Remake Thailand Hadirkan Cerita Lebih Segar Berbalut Intrik Cerdas!

BACA JUGA:Cek Kebijakan Baru Terkait Bansos PKH BPNT Tahap 1 2025, Jumlah Penerima Berkurang? Intip Faktanya!

Nama, NIK, atau tanggal lahir yang tidak sesuai dengan sistem dapat menghambat pencairan.

Dokumen Persyaratan Kurang Lengkap

Banyak peserta tidak melengkapi persyaratan seperti paklaring (surat pengalaman kerja), fotokopi KTP, KK, buku tabungan, dan NPWP.

Jika ada dokumen yang kurang atau tidak sesuai, pencairan bisa tertunda atau bahkan ditolak.

Kategori :