PALEMBANG,PALPRES.COM- Kantor wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel mengembangkan layanan kehumasan berbasis AI.
Sebagai tindak lanjut dari program ini, Kemenag Sumsel melakukan bimbingan teknis layanan kehumasan berbasis AI.
Layanan Kehumasan berbasis AI ini merupakan bagian dari inovasi dalam upaya meningkatkan layanan publik.
Layanan ini disebut AIoHUMAS yang merupakan terobosan upgrade dari layanan berbasis pesan singkat yang sebelumnya pernah digunakan.
BACA JUGA:Kantor Kemenag Muratara Laksanakan Kurban di Ponpes Annaml Desa Sungai Jauh
BACA JUGA:Peringati Harlah Pancasila, Kakanwil Kemenag Sumsel Ajak Jaga Persatuan dan Hargai Perbedaan
Ketua Tim Kerja Humas Kanwil Kemenag Sumsel, H Abdul Qudus menjelaskan Tahun ini Kemenag Sumsel memulai penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pelayanan informasi kehumasan, baik di Kanwil, Kankemenag, KUA, maupun madrasah negeri.
“Kita menggunakan kecerdasan buatan (AI) karena ini sangat penting untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan efektivitas komunikasi publik,” tutur Abdul Qudus.
Menurut Qudus, proses kerjanya adalah menggabungkan layanan informasi sesuai database kehumasan Kanwil Kemenag Sumsel dengan AI.
Bila ada pertanyaan dari masyarakat sesuai kriteria layanan humas Kanwil, informasi dijawab secara otomatis sesuai database.
BACA JUGA:12 Peserta Ikuti Tes PPPK Tahap 2 Kantor Kemenag Muratara
BACA JUGA:Kantor Kemenag Muratara Adakan Kegiatan Implementasi Berbasis Kampung Moderasi Beragama
Namun bila pertanyaan yang masuk di luar kriteria humas Kanwil, peran AI yang menjawabnya.
“Jadi, peran AI di sini adalah pelengkap atau pendamping humas Kanwil dalam rangka menyampaikan informasi kepada masyarakat. Adapun nomor layanan yang dapat dihubungi adalah 089523594750. Untuk saat ini, jumlah upgrade layanan yang tersedia di database mencapai 170 layanan,” jelasnya lagi.
Kepala Bagian Tata Usaha H. Taufiq dalam arahannya memberikan apresiasi atas inovasi ini.