Honda

Unsri Target Masuk 1.000 Peringkat Dunia

Unsri Target Masuk 1.000 Peringkat Dunia

PALPRES.COM – Civitas akademika Universitas Sriwijaya (Unsri) terus memperkuat kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk masuk dalam top 1.000 peringkat terbaik di dunia.

Terbaru, Unsri memperkuat kerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) terutama bidang pendidikan dan riset.

Penandatangan kerjasama yang ke empat ini diorientasikan pada kepentingan masyarakat di dua negara.

Rektor Unsri Prof Dr Ir H Anis Saggaf MSCE mengaku bubungan kerjasama ini sebagai upaya dalam menginternasionalisasiian kampus.

Hal ini mengingat UTM masuk dalam peringkat 200 kampus terbaik di dunia.

“Dengan kerjasama ini kita berharap minimal bisa masuk peringkat 1.000 dunia seperti yang diamanahkan bapak menteri,” aku Prof Anis.

Lebih jauh kata Prof Anis, mengatakan, kegiatan kerjasama ini sebagai impelementasi dan menyokong Merdeka Belajar yang dicanangkan Kemenristek Dikti.

Rencananya, konsep kerjasama ini akan dilakukan dengan hybrid sehingga akan mempermudah kegiatan yang tertuang dalam kerjasama tersebut.

"Kita ada ramuan yang bisa diterapkan lewat MoA, seperi bio sains nantinya bisa dikembangkan bersama UTM lewat kerjasama ini," terang Prof Anis.

Sementara itu, UTM Vice Chancellor, Prof Datuk Dr Ahmad Fauzi Ismail mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Unsri sejak 2007.

Hanya saja, saat itu belum ada ikatan kerjasama untuk membangun kedua perguruan tinggi.

“Ada beberapa poin yang kita kerjasamakan seperti staf student mobility (pertukaran pelajar, red), join public (riset, red) dan sentral branding baik UTM maupun Unsri. Dengan kerjasama ini ada kesepakatan untuk kepentingan kedua belah pihak bahkan kita juga berharap bisa menguntungkan masyarakat di Palembang maupun masyarakat di Malaysia," jelas Prof Fauzi.

Oleh sebab itulah, pihaknya meminta agar kerjasama ini tidak hanya seremonial, namun harus ada tindak lanjut yang konkrit agar target dari kerjasama ini bisa terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: