Honda

Terinfeksi Paru, Dua CJH Asal Mura Batal Berangkat

Terinfeksi Paru, Dua CJH Asal Mura Batal Berangkat

 

PALPRES.COM – Dua calon jemaah haji (CJH) asal Musi Rawas batal berangkat. Pembatalan ini dikarenakan kedua CJH tersebut terinfeksi paru atau tuberkulosis (TB) paru.

“Kedua calon jemaah haji tersebut TB paru positif dan masih aktif. Diketahui usai para calon jamaah melakukan cek kesehatan beberapa waktu lalu,” kata Kasi Pelayanan Haji Kantor Kemenag Kabupaten Musi Rawas, Drs Asroh, Selasa (14/6/22).

Dijelaskannya, kedua CJH tersebut otomatis harus ditunda untuk melaksanakan haji hingga tahun depan. Dan itupun kalau dinyatakan sembuh. Sebab TB paru penyakit menular.

“Saat ini yang CJH yang siap berangkat dari Kabupaten Musi Rawas sebanyak 57 orang,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk jadwal keberangkatan, pihaknya mengaku masih dirapatkan. Namun perkiraan keberangkatan CJH Musi Rawas pada 30 Juni mendatang. Bertolak setelah subuh dari Musi Rawas ke Asrama Haji Palembang.

“Kita masuk kloter 7, bergabung Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara dan OI.  Berangkat dari embarkasi Palembang 1 Juli 2022,” terangnya.

Sedangkan untuk persiapan, menurutnya sejauh ini tidak ada kendala. Calon Jemaah Haji saat ini sedang menunggu cover bag yang sekarang sedang di sablon.

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau kepada CJH sebelum berangkat agar membatasi diri dengan menerapkan protokol kesehatan. Jangan terlalu buka diri terhadap banyak orang. Sebab dikhawatirkan terjadi penularan Covid-19.

“Jadi kalau positif terjangkit Covid-19 otomatis tidak bisa berangkat,” pungkasnya. ZULKARNAIN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: