Honda

Budidaya Ikan Patin Semakin Diminati Warga OKUT

 Budidaya Ikan Patin Semakin Diminati Warga OKUT

PALPRES.COM- Petani Budidaya ikan patin di kabupaten OKU Timur semakin menjamur, karena omzet budidaya ikan ini sangat menjanjikan.

Salah satu contoh petani budidaya ikan patin yang tergabung di Gapoktan Pokdakan Patinku, di Desa Cipta Muda Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur.

Edi Saryanto, Ketua Pokdakan (Kelompok Budidaya Ikan) mengatakan bahwa awal mula ia berminat budidaya ikan patin ini tidak terlalu rumit.

“Saat ini saya punya 3 kolam tambak, kolam berukuran 15 x 35 Meter, semua saya isi dengan ikan patin,” ujarnya.

Ia mengawali sebagai petani budidaya ikan patin sejak tahun 2011. Seiring berjalannya waktu, dirinya membuat kelompok tani di tahun 2016 dan sampai saat ini tetap berjalan.

“Panennya setiap tujuh bulan sekali, dengan rata-rata sekali panen dalam satu tambak mencapai 8 ton,” jelasnya.

Untuk penjualan ikan dipasarkan di Kabupaten OKU Timur, ada juga dari luar kabupaten yang mengambil ikan patin ini, seperti dari Kabupaten Muara Enim.

Hanya saja menurut Edi, saat ini petani ikan mengeluh namun bukan pada penjualan, akan tetapi masalah pakan ikannya. Pasalnya harga pakan ikan patin saat ini semakin meroket, dan terkadang tidak sebanding dengan harga ikan yang di jual.

 “Harapan kita selaku petani ikan patin pada Pemerintah untuk dapat menyesuaikan harga pakan ikan, karena harga pakan ikan hampir setiap bulan mengalami kenaikan terus,” jelasnya. MAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: