Honda

CJH Daftar Tahun Ini, Estimasi Berangkat 2046

CJH Daftar Tahun Ini, Estimasi Berangkat 2046

PALPRES.COM - Terbatasnya kuota membuat estimasi keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) di Indonesia ke tanah suci hingga puluhan tahun. Itu terjadi di sejumlah daerah.

Di kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, calon jamaah haji yang sudah mendaftar tahun ini harus antri menunggu keberangkatan hingga 2046. Dan tercatat di Lubuklinggau, sudah 5.000 calon jamaah haji yang mendaftar.

"Yang daftar tahun ini masuk waiting list sampai tahun 2046. Daftar tahun ini berangkat 24 tahun lagi. Jumlahnya 5.000 lebih yang antri," kata Kasi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau, Mahmudan kepada wartawan.

Ia berharap setiap tahun ada tambahan kuota haji dari Pemerintah Arab Saudi. Sehingga antrean daftar tunggu setidaknya dapat berkurang.

Apalagi di tahun ini, menurutnya, Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan terkait pembatasan usia calon jamaah haji. Pemerintah memutuskan hanya akan memberangkatkan calon jemaah haji dengan batas usia di bawah 65 tahun dan sudah mendapatkan layanan vaksin.

"Kota Lubuklinggau di tahun ini memberangkatkan 103 calon jemaah haji. Termuda usia 27 tahun," ungkapnya.

Saat ini calon jemaah haji Lubuklinggau tinggal menunggu berangkat. Total ada 103 calon jamaah haji yang berangkat. Dijadwalkan berangkat pada 30 Juni menuju Asrama Haji Palembang. Kemudian berangkat ke Jeddah pada 1 Juli 2022 sekitar pukul 14.45 WIB. JEJE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: