Honda

Data Desa dari Aplikasi IDM Berbasis SDGs

Data Desa dari Aplikasi IDM Berbasis SDGs

PALPRES.COM - Indeks Desa Membangun (IDM) mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari Pemerintah, sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah desa, yaitu tipologi dan modal sosial.

"Oleh sebab itulah, pendataan melalui IDM Berbasis SDGs Desa menjadi tameng perlindungan sumberdaya alam desa dari privatisasi dan eksploitasi. Dua tujuan tersebut akan sulit terealisasi bila model pendekatan partisipatif tidak diinstitusionalisasi, bukan sekedar partisipasi yang artifisial dan temporer. Jika agenda ini berjalan, SDGs Desa menjadi peluang mengembalikan alam sebagai sentrum yang berjalan di atas kearifan budaya nusantara," kata Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar Yeni Fitriana melalui Sekdes Derman Junaidi, Jumat (24/6/2022).

Ia melanjutkan, termasuk sektor pembangunan, semuanya bisa dikerjakan masuk dalam database desa, tanpa adanya campur tangan dari pihak manapun.

Dirinya berharap, baik perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta lembaga desa lainnya, bisa bekerja sama dan saling bersinergi, guna membangun dan memajukan desa, berdasarkan data-data yang telah dimiliki.

"Sehingga bisa dioptimalkan untuk kemajuan desa, agar masyarakat bisa menambah pendapatan asli keluarga," tukas Derman Junaidi. BRN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: