Honda

Dr Arwan Keluarkan Buku ‘Sukses Memimpin Sekolah'

Dr Arwan Keluarkan Buku ‘Sukses Memimpin Sekolah'

PALPRES.COMDosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Dr Arwan, MPdI, kembali mengeluarkan buku untuk dunia pendidikan.

Buku kali ini berjudul Sukses Memimpin Sekolah (Gagasan Membangun Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah) yang diterbitkan oleh Penerbit Aksara Pena.

Dr Arwan menjelaskan, buku setebal 180 halaman ini membahas manajerial kepala sekolah dalam membangun sekolah.

Sebab, kepala sekolah merupakan figur yang menggerakkan pemangku kepentingan di sekolah untuk mencapai tujuan.

Kepala sekolah juga figur bagi guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan orang serta masyarakat menggantungkan harapan.

Tak hanya itu, kepala sekolah merupakan orang yang bertanggungjawab terhadap kemajuan suatu sekolah.

“Dari itulah menggeletiik saya untuk sharing mekanisme kerja yang dilakukan kepala sekolah untuk menaikkan peran sentral dan strategi dalam memastikan terwujudnya tujuan pendidikan yang diharapkan,” jelasnya.

Sebab, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan mempunyai peran ganda, di samping sebagai pemimpin, manajer, administrator ia juga sebagai supervisor.

Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan perannya sangat penting untuk membantu guru dan muridnya.

Kepala sekolah harus dapat memahami, mengatasi dan memperbaiki kekurangan yang terjadi di lingkungan sekolah.

“Buku ini akan menuntun Kepala Sekolah atau calon kepala sekolah agar mempunyai pengetahuan, wawasan, keterampilan dan kecakapan dalam memimpin sekolah. Di dalam buku ini saya memberikan pemahaman yang komprehenship secara teoritis, pada saat bersamaan juga memberikan ilustrasi dan contoh-contoh baik yang memungkinkan menjadi referensi bagi Kepala Sekolah atau calon Kepala Sekolah, untuk menjadikannya rujukan,” jelasnya.

Dekan FITK, Prof. Dr. H. Abdullah Idi, M.Ed., memberikan apresiasi kepada penulis yang sudah melakukan langkah produktif dengan menyusun buku tersebut.

“Terbitnya buku ini merupakan langkah nyata dan penting, bukan hanya untuk dijadikan referensi bagi kegiatan perkualiahan di FITK UIN Raden Fatah Palembang, namun juga berguna untuk menambah khazanah pengetahuan tentang peran dan tugas Kepala Sekolah pada lembaga-lembaga pendidikan keguruan lainnya,” jelasnya.

Menariknya, sambung Prof Idi, penulis memberikan kiat bagaimana seorang Kepala Sekolah dapat sukses memimpin sekolahnya.

Karena pada hakekatnya kepala sekolah merupakan pengendali dan kunci sukses dalam memajukan suatu lembaga pendidikan.

“Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya kepala sekolah harus mampu menguasai dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Kepala sekolah harus kreatif, memiliki ide-ide dan inisiatif yang menunjang perkembangan sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si berpendapat buku ini dapat menjadi referensi bagi Kepala Sekolah dan calon Kepala Sekolah untuk dapat memahami dengan baik apa yang seharusnya dilakukan untuk sukses memimpin sekolah.

“Sesuai dengan judulnya buku ini memberikan pengetahuan dan wawasan bagaimana seorang Kepala Sekolah dapat sukses memimpin sekolah. Namun hemat saya buku ini juga menarik untuk dibahas di ruang perkuliahan, khususnya di Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan,” kata Rektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: