Honda

Air Bah Bercampur Lumpur Terjang Pemukiman Warga

Air Bah Bercampur Lumpur Terjang Pemukiman Warga

PALPRES.COM - Intensitas curah hujan yang menguyur Kabupaten Lahat, Sabtu (25/6/2022), sekitar pukul 18.00 wib hingga Ahad dini hari (26/6/2022), sekitar pukul 02.00 wib, membuat pemukiman warga berada di Desa Sirah Pulau, Kecamatan Merapi Timur diterjang air bah bercampur lumpur, yang memang tidak berjauhan dari aliran sungai.

Kepala Desa (Kades) Sirah Pulau, Hendra Febriansyah membenarkan, hujan yang menguyur cukup deras, sehingga membuat aliran sungai yang tidak berjauhan dengan kediaman penduduk menghantam.

"Di Desa Sirah Pulau, ada aliran Sungai Nelung, yang apabila hujan deras membuat debit air tidak bisa ditampung, sehingga masuk ke areal rumah-rumah warga," terangnya, Ahad (26/6/2022).

Dirinya menambahkan, ketinggian air yang masuk bervariasi, dikarenakan mayoritas rumah disini panggung, sehingga tidak sampai masuk.

"Bervariasi, paling tinggi kurang lebih 50 cm, akibatnya puluhan rumah yang ada terendam banjir, padahal hujan hanya beberapa jam saja," ujar Hendra.

Hendra menuturkan, memang kondisi aliran Sungai Nelung cukup kecil, sehingga tidak mampu menampung debit air, bahkan penyebab banjir disinyalir dampak dari aktivitas penambangan batubara di Desa Sirah Pulau. 

"Sehingga ketika diguyur hujan sebentar saja yang cukup besar. Untuk korban jiwa memang tidak ada namun, kerugian dari sisi materi yang dialami warga," bebernya. BRN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: