Honda

Jelang Idul Adha, Harga Beras di Pagaralam Stabil

Jelang Idul Adha, Harga Beras di Pagaralam Stabil

PALPRES.COM - Menjelang hari raya iduladha, ketersediaan beras di Kota Pagaralam masih mencukupi dan harganya juga relatif stabil. 

Sukri, salah seorang agen beras di kawasan pasar Nendagung mengatakan pasokan beras dari daerah sekitar Pagaralam masih mencukupi kebutuhan masyarakat Pagaralam. Beras asli Pagaralam atau sering disebut beras dusun masih menjadi pilihan utama warga. 

"Jarang terjadi kelangkaan beras di Pagaralam. Apalagi ketersediaan dari sawah-sawah sekitar Pagaralam terus ada produksinya. Termasuk menjelang lebaran iduladha ini. Jadi, tidak perlu beras luar apalagi impor. Berdayakan saja beras dari petani," ucapnya. 

Affan, pemilik sawah di Dusun Jangkar Mas, Dempo Utara membenarkan hasil panen sawahnya masih mencukupi. Hasil beras petani biasanya dipasok untuk agen di sekitar Pagaralam ini saja. 

"Jadi, stok beras di Pagaralam jarang mengalami kekurangan. Beras dalam kemasan dan bermerk jarang dikonsumsi masyarakat. Lebih lebih memilih beras dusun," cetus Affan. 

Mengenai harga beras sendiri, Sukri dan Affan mengatakan harga beras di Pagaralam sudah beberapa tahun ini tidak pernah lebih dari Rp11 ribu. Bahkan ketika terjadi kelangkaan beras di daerah lain di Indonesia, harga beras masih di kisaran Rp10 ribu. 

"Harga beras lokal atau beras dusun relatif stabil. Sedangkan harga beras biasanya bermerk dalam kemasan mengikuti harga beras nasional. Lagi pula beras kemasan kurang diminati warga," ujar Sukri. KOE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: