Honda

Rumah Adat dan Kuliner Empat Lawang Hiasi Festival Anjungan

Rumah Adat dan Kuliner Empat Lawang Hiasi Festival Anjungan

PALPRES.COM - Rumah adat Kabupaten Empat Lawang ikut serta dalam menghiasi festival anjungan 2022 di Dekranasda Jakabaring Palembang pada 22-24 Juni kemarin.

Pembukaan festival anjungan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru.

Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel, Feby Deru mengungkapkan penyelenggaraan festival ini memiliki tujuan mempromosikan kepada masyarakat akan kekayaan rumah adat yang ada di 17/kab kota di Sumsel.

Diharapkan dengan mengunjungi anjungan ini masyarakat dapat melihat sendiri sehingga timbul rasa mencintai dan memiliki warisan budaya yang ada.

“Semoga festival ini dapat diadakan setiap tahun agar anjungan yang dimiliki inu terpelihara baik dan layak diperkenalkan pada tamu dalam maupun luar kita sebagai destinasi wisata yang membanggakan,” jelasnya.

Menurut Feby dalam festival ini juga ada penilaian beberapa aspek anjungan. Hal ini tak lain untuk memberikan semangat kepada para peserta agar kedepan dapat semakin aktif melestarikan rumah adat, masakan dan kerajinan daerahnya.

“Ini adalah hasil “keroyokan” karena tidak ada dananya. Makanya terima kasih sekali pada peemerintah kab/kota dan mitra dekransada serta perbankan yang membantu mensukseskan acara ini,” jelas Feby.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Empat Lawang, Hj Hepy Safriani Joncik mengatakan, dalam festival anjungan 2022 tersebut, Kabupaten Empat Lawang mengenalkan rumah adat khas Empat Lawang.

Tidak hanya rumah ada saja, melainkan berbagai makanan daerah asli Empat Lawang juga di kenalkan dalam festival tersebut.

"Festival anjungan ini, dari Kabupaten Empat Lawang mengenalkan rumah adat asli Empat Lawang tidak hanya itu saja, makanan khas atau kuliner asli Empat Lawang juga kita pamerkan diajang festival anjungan,"kata Hepy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: