Honda

Dosen Al-Azhar Mengajar di UIN Raden Fatah

Dosen Al-Azhar Mengajar di UIN Raden Fatah

PALPRES.COM – Dosen Universitas Al-Azhar Mesir, Syaikh Muhammad Sya’ban melaksanakan pendidikan dan pengajaran di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Kegiatan pengajaran dilaksanakan setelah dilakukan kerjasama yang difasilitasi Lembaga Pusat Layanan Internasional UIN Raden Fatah Palembang, belum lama ini.

Syaikh Muhammad Sya’ban mengaku kehadirannya ke kampus berbasis Islam ini diutus oleh civitas akademika Universitas Al-Azhar Mesir.

Menurutnya, kegiatan pembelajaran ini merupakan suatu pekerjaan yang sangat baik karena sesuai dengan dakwah Islam, yakni menyebarkan ilmu dan kerjasama antara orang-orang muslim.

“Seperti dalam Firman Allah Subhanahu Wata’alla, tolong menolonglah kamu atas berbuat kebaikan dan takwa dan jangan tolong menolong atas berbuat dosa dan permusuhan,” jelasnya.

Dalam surat di dalam Alquran lainnya, suatu kaum mengajak kebaikan dan menyuruh kebaikan dan mencegah kemungkinan termasuk orang-orang yang beruntung.

Oleh sebab itulah, pekerjaan yang baik adalah menyuruh kebaikan dan menyebarkan ilmu pengetahuan antar mahasiswa muslim.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, sambung Syaikh Muhammad Sya’ban, barang siapa di antara kamu mampu berbuat manfaat, maka lakukanlah.

Oleh karena itu dia menilai tidak diragukan lagi bahwa pemberian beasiswa pendidikan bagi mahasiswa adalah manfaat yang besar dan mulia bagi mahasiswa- mahasiswa muslim, maka sebagai mana manusia membutuhkan makan minum untuk jasad fisiknya.

“Maka ia juga membutuhkan ilmu untuk memperkaya akal dan hatinya, dan pemberian beasiswa pendidikan tidaklah hanya untuk makan, minum saja, akan tetapi merupakan penghormatan dan penghargaan bagi para tamu, khususnya para tamu yang muslim,” ucapnya.

Dia menambahkan, Nabi Muhammad Saw menjadikan hal ini merupakan tanda keimanan kepada Allah Subhanahu Wata’alla.

”Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menghormati tamunya. Program (beasiswa, red) ini merupakan program yang baik, sesuai dengan firman Allah SWT Sesungguhnya Allah tidak menghilangkan pahala barang siapa yang beramal lebih baik,” jelas Syaikh Muhammad Sya’ban.

Sya’ban mengaku akan memperkenalkan program beasiswa ini saat pulang ke Mesir.

Program ini nantinya akan menjadi motivasi bagi siswa di Mesir untuk melanjutkan pendidikan di UIN Raden Fatah Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: