Honda

Kompetensi Mahasiswa Jurnalistik Siap Hadapi Tantangan Digitalisasi

Kompetensi Mahasiswa Jurnalistik Siap Hadapi Tantangan Digitalisasi

PALEMBANG, PALPRES.COM  – Kompetensi yang dimiliki mahasiswa Program Studi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, dinilai siap menghadapi tantangan digitalisasi.

Hal ini disampaikan Koordinator Magang, Trisno Rusli saat menerima Sekretaris Prodi Jurnalistik, Jufrizal, M.A, dan Dosen Pembimbing, Karerek M.I.Kom saat melakukan penjemputan mahasiswa yang melakukan Praktek Profesi Mahasiswa (PPM) di kantor Harian Umum Palembang Ekspres, Selasa (28/06/2022).

Trisno menilai, mahasiswa mampu melaksanakan semua tugas yang diberikan perusahaan yang sudah beberapa tahun terakhir melakukan pengembangan konten digital. Bahkan, beberapa karya mahasiswa ikut mengisi konten Sumsel 24 Jam yang merupakan salah satu konten news menggunakan platform Youtube.

“Secara umum, mereka sudah mengerti bahwa kita sebagai pengguna media sosial memiliki tanggungjawab untuk memberikan informasi yang edukatif dan tetap mengedepankan prinsip jurnalisme. Oleh sebab itulah, karya jurnalistik terbaik kami siarkan di media cetak maupun Youtube” kata Trisno.

BACA JUGA:Bidik Nilai Unggul, Prodi Jurnalistik Submit Borang ke BAN-PT

Selama PPM, sambung Trisno, mahasiswa mendapatkan sejumlah materi terkait media massa mulai dari media cetak, media online hingga media sosial. Usai materi, mahasiswa diberikan tugas peliputan di lapangan baik secara individu maupun kelompok.

“Kami libatkan semua unsur yang ada, seperti manager Fotografi untuk memberikan teknik pengambilan foto, kemudian manager pracetak terkait dengan perwajahan koran serta manager IT terkait konten-konten yang ada di Youtube. Selanjutnya mereka diberikan tugas peliputan di lapangan,” terang Redaktur Pelaksana Harian Umum Palembang Ekspres.

Dia berharap, ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti PPM di Harian Umum Palembang Ekspres dan palpres.com ini bisa menjadi bekal bagi mahasiswa yang ingin fokus pada bidang ilmu jurnalistik.

“Kami melihat kompetensi yang dihadapi mahasiswa Prodi Jurnalistik ini sudah mampu menghadapi tantangan di era digitalisasi saat ini,” jelasnya.

BACA JUGA:Kaprodi Jurnalistik Jemput Mahasiswa Magang

Sementara itu, kegiatan pelepasan PPM ini dihadiri langsung GM palpres.com, Sulistiawarman. Meski dilaksanakan secara sederhana, kegiatan pelepasan sendiri berlangsung haru.

“Pada prinsipnya kami menerima adik-adik mahasiswa yang ingin belajar di perusahaan ini,” ucap Sulis.

Sekretaris Prodi Jurnalistik, Jufrizal, MA mengaku, mahasiswa yang ikut PPM ini sebelumnya sudah mengikuti pembekalan baik terkait pembuatan berita maupun prinsip kerja di perusahaan media massa.

“Kami bahagia sekali sudah mendapatkan kesempatan mahasiswa untuk belajar langsung di perusahaan media ini. Kami berharap komunikasi yang selama ini terjalin terus dijaga sehingga ilmu yang kami sampaikan di perkuliahan sejalan dengan kebutuhan perusahaan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: