Honda

Ternak di PALI Mulai Diberikan Vaksin PMK Tahap Pertama

 Ternak di PALI Mulai Diberikan Vaksin PMK Tahap Pertama

 

PALPRES.COM - Kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) saat ini masih nol kasus.

Namun demikian untuk mencegah penyebaran virus yang menyerang hewan ternak berkaki empat itu, Dinas Pertanian Kabupaten PALI yang membawahi Bidang Peternakan mulai memberikan vaksin tahap pertama terhadap hewan ternak.

Pelaksanaan vaksinasi ternak tahap pertama itu dilaksanakan di Peternakan Talang Kerangan, Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi, Rabu (29/06/2022).

Launching vaksinasi PMK tahap pertama itu dilakukan Asisten II Setda PALI, Rusdi SSos, dihadiri Kapolsek Talang Ubi, perwakilan Kodim 0404 MPP dan sejumlah kepala OPD terkait dilingkungan Pemkab PALI.  Plt Kepala Dinas Pertanian PALI, Ahmad Jhoni SP MM mengatakan, vaksinasi untuk tahap pertama disiapkan 400 vaksin yang akan diberikan di empat kecamatan. 

BACA JUGA: Vaksin PMK Difokuskan di Perbatasan

"Sebenarnya kita mengusulkan 2.000 vaksin lebih, tapi baru datang 400 vaksin dan langsung kita laksanakan," katanya.

Ia menerangkan, vaksin yang sudah datang itu akan diberikan di empat kecamatan, yakni Kecamatan Talang Ubi, Tanah Abang, Abab dan Penukal.

"Kalau untuk Kecamatan Penukal Utara tidak kita lakukan vaksin, karena di Kecamatan Penukal Utara sudah pernah ada suspek PMK," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, total populasi sapi di Kabupaten PALI sebanyak 4.343 ekor, namun yang siap untuk divaksin sebanyak 2.120 ekor. 

"Vaksin yang diberikan jenis Aftopor dari Perancis," jelasnya.

Dia berharap, mudah-mudahan dengan diberikan vaksin, maka dapat mencegah penyebaran PMK di Kabupaten PALI. JOE

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com