Honda

Alumni UIN Raden Fatah Diminta Bumikan Moderasi Beragama

Alumni UIN Raden Fatah Diminta Bumikan Moderasi Beragama

PALEMBANG, PALPRES.COM - Sebanyak 1.198 alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mengikuti sidang senat terbuka dengan agenda Wisuda ke-81, di Academic Center, Kampus A Sudirman Palembang, Rabu (29/06/2022).

Dalam prosesi wisuda ini, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, M.Si berpesan kepada alumni untuk membumikan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-sehari.

"Moderasi beragama di Indonesia merupakan sebuah keharusan karena kondisi masyarakat kita yang plural," ucap Rektor kepada Palpres usai menghadiri Wisuda ke-18, Rabu (29/06/2022).

Dalam hal keyakinan, sambung Prof Nyayu menjelaskan, seorang muslim tidak bisa memaksakan orang lain untuk berperilaku seperti keyakinannya. Oleh sebab itulah, seorang muslim harus berperilaku inklusif terhadap orang lain, namun juga eksklusif terhadap diri sendiri.

BACA JUGA:UIN Raden Fatah Palembang Siap Menuju Internasionalisasi

"Bagaimana cara kita mengamalkan ajaran agama sebaik mungkin sesuai dengan pemahaman kita. Namun bagaimana kita bersikap dalam mengekspresikan diri kepada orang lain baik dengan sama agama maupun beda agama secara inklusif," jelasnya.

Oleh sebab itulah, momentum wisuda ini, pihaknya berpesan kepada alumni agar terlebih dahulu memahami moderasi agama. Dengan pemahaman yang baik bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti cara berinteraksi dengan orang lain yang berbeda agama.

"Dan yang terakhir, alumni harus mengajak orang lain untuk melaksanakan atau menerapkan moderasi beragama," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: