Honda

FORNAS VI Sumsel Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

FORNAS VI Sumsel Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

PALEMBANG,PALPRES.COM - Malam Pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 yang berlangsung di Venue Dayung Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Jumat (1/7) penuh semarak.

Turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali, Ketua Komite Olaharaga  Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman, Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, Ketua KORMI Sumsel, Hj Samantha Tivani Herman Deru, para Bupati/Walikota se Sumsel, Anggota Legislatif dan para tamu undangan.

Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Sumsel yang sangat siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan FORNAS VI 2021.

"Saya tidak bisa menyembunyikan rasa takjub saya terhadap antusias dan dukungan yang luar biasa, dukungan anggaran Rp17 Miliar dari APBD dan APBN, Ini menujukkan olahraga masyarakat itu murah tapi bukan murahan,"ungkap Hayono Isman

BACA JUGA:Opening Ceremony Fornas VI 2022 Libatkan 600 Penari Sumsel

Dikatakan Menpora RI Periode 1993-1998 ini, bahwa jumlah peserta FORNAS  VI sampai dengan hari ini sudah hadir di kota Palembang dan kabupaten  Ogan Ilir (OI) sebanyak 9.000 penggiat olahraga dari jumlah 12.141 peserta yang terdaftar.

"Insyaa Allah mereka akan mulai bergabung mulai besok (Sabtu,red). Dan dapat saya sampaikan, bahwa FORNAS VI di Sumsel ini merupakan FORNAS dengan peserta terbanyak sepanjang penyelenggaraannya sejak tahun 2011 dan  34 Provinsi lengkap menurunkan atletnya,"jelasnya.

Hayono juga menambahkan semangat kemandirian juga terlihat pada FORNAS VI Sumsel ini dimana 68 persen peserta FORNAS hadir secara mandiri dengan uang sendiri dan 32 persennya hadir dengan dukungan anggaran pemerintah daerah.

Adapun nomor perlombaan dan pertandingan pada FORNAS VI meliputi kelompok usia anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. .Pada  penghelatan FORNAS VI ini telah dipersiapkan dan dilaksanakan beberapa rencana utama kegiatan yaitu perlombaan, seminar nasional indonesia bugar, festival budaya dalam rangkaian Festival Sriwijaya, peragaan busana olahraga (sport fashion wear) dan bazar UMKM yang dikemas dalam Sriwijaya Expo.

BACA JUGA:DPRD Partisipasi Meriahkan Fornas Ke VI Dengan Terbangkan Layang-Layang

"Untuk itu pada kesempatan ini izinkan kami atas nama keluarga besar KORMI menghaturkan terimakasih kepada gubernur dan wakil gubernur dan seluruh masyarakat karena pada hari ini kami menyaksikan lompatan yang luar biasa yang terjadi di FORNAS VI untuk  pertama kalinya dalam sejarah FORNAS  dihadiri lengkap 34 provinsi, untuk pertama kalinya jumlah penggiat olahraga mencapai  lebih dari 10 Ribu, dan untuk pertama kalinya pembukaan FORNAS yang luar biasa. dengan adanya event ini kami yakin Indonesia Bugas 2045 dapat terwujud,"pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: