Honda

Kades Arahan Miliki Program CETE

Kades Arahan Miliki Program CETE

LAHAT, PALPRES.COM - "CETE" kepanjangan dari Cerdas, Tertib, dan Efektif. Merupakan program dari Kepala Desa (Kades) Arahan, Kecamatan Merapi Timur, dimana disampaikan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa, untuk menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2022-2027.

Kepala Desa (Kades) Arahan, Isharudin melalui Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan, Ali Hoiri menyampaikan, visi misi Kades Arahan dalam Musrenbang Desa tahun 2022-2027, adalah Program "Cete" (Cerdas Tertib Efektif). 

Diantaranya, program yang sudah dan sedang berjalan adalah rehab kantor desa, mengurangi pengangguran, perhatian terhadap lingkungan termasuk masalah sampah. 

BACA JUGA:Orderan Mulai Banyak, Alat Tenun Songket Ditambah

“Sekarang sudah ada bank sampah Desa Arahan,” ujarnya, belum lama ini.

Kemudian, sambung dia, meningkatkan keterampilan masyarakat melalui pelatihan pembuatan kain tenun. Memperhatikan kesejahteraan masyarakat di bidang agama, seni dan budaya. 

Memperhatikan kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi, termasuk untuk tenaga kerja yang melalui satu pintu. 

Penguatan pendapatan asli desa (PADes) melalui BUMDes, penguatan lingkungan hidup dengan mengatasi banjir terutama di wilayah dalam dusun Arahan. 

Membangun sarana olahraga, untuk pertanian dan sudah berjalan diantaranya pengadaan bibit, pupuk dan akses jalan, menyalurkan bantuan program CSR perusahaan melalui pemerintah desa (Pemdes).

“Memperluas lahan penguburan umum, membebaskan pembayaran pajak bumi bangunan perkotaan dan pedesaan (PBBP2) bagi warga kurang mampu,” tandas Ali.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Arahan, Isharudin menambahkan, dari beberapa misi pemerintah desa (Pemdes) yang sudah dan sedang berjalan, untuk penyerapan tenaga kerja lokal. 

“Alhamdulillah sudah terealisasi 70-80 persen. Semua ini berkat kerjasama antara kades dan BUMDes,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, Pemdes akan berikan kewenangan khusus untuk BUMDes untuk cari penghasilan, dorong bekerjasama dengan perusahaan. Dukung sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). 

“Harapan kami juga kepada masyarakat agar dapat mendukung program pemdes. Tanpa dukungan dari masyarakat tentu tidak akan berjalan,” harap Isharudin. BRN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: