Honda

Kontingen Ini Sebut Ogan Ilir Cocok Jadi Tuan Rumah Festival Layang-layang Internasional

Kontingen Ini Sebut Ogan Ilir Cocok Jadi Tuan Rumah Festival Layang-layang Internasional

INDRALAYA.PALPRES.COM- Ratusan peserta berbagai kontingen dari beragam provinsi mengikuti festival layang-layang kreasi (pelangi) yang dilaksanakan dalam Fornas VI di Palembang dan Ogan Ilir Sumsel. 

Bahkan peserta yang ikut dalam Fornas VI tersebut mengatakan bahwa Ogan Ilir merupakan kabupaten yang keren dan layak dijadikan sebagai daerah yang bisa menyelenggarakan festival layang-layang internasional.

Salah satu kontingen layang-layang kreasi asal Banjarmasin Kalimantan Selatan Rafi mengatakan Ogan Ilir merupakan Kabupaten yang keren karena daerahnya pas dilihat dari faktor cuaca, kecepatan angin, luas wilayah, view untuk menyelenggarakan festival layang-layang nasional maupun internasional.

“Saya ini bermain layang-layang bukan cuma dalam negeri, tapi juga luar negeri yaitu Malaysia, Singapura, Brunei bahkan China. Dulu main di Jakarta daerah Ancol ujung sekarang sudah tidak bisa karena sudah dijadikan perumahan, Jogja juga tidak bisa masih banyak sawah dan sebagian jadi bangunan," paparnya.

BACA JUGA: Tim Kesenian Ogan Ilir Tampil Memukau di Festival Sriwijaya

"Kalau kita main layang-layang harus daerah pantai disitu anginnya terlalu kencang. Di Ogan Ilir ini paslah semuanya pas dari view, udara, angin, luas lapangan untuk bermain. Bagus dan layak ini untuk event internasional,” sambung Ketua Rombongan Layang-layang Kontingen Kalsel Rafi, Minggu (3/2/2022).

Menurutnya untuk Fornas VI ini ada 4 kategori dalam perlombaan layang-layang kreasi yaitu layang-layang 2 dimensi, layang-layang 3 dimensi, layang-layang adu dan layang-layang tradisional. 

“Kita bawa layang-layang ikan mas koi, layang-layang barangan, layang-layang motif dayak," katanya. 

Menurutnya, dirinya sering main di berbagai event, baik porprov, bahkan sampai luar negeri Malaysia, Brunei, China. 

“Dari sekian banyak pengalaman saya, Ogan Ilir layak ini dijadikan sebagai tempat festival layang-layang internasional. Karena potensi wilayahnya yang bagus mulai dari view, luas wilayah, kacepatan angin dan dukungan Pemkab Ogan Ilir juga luar biasa," imbuhnya.

Dia mengaku bahwa timnya biasa mendapat juara 1 setiap festival. “Semoga kami di Fornas VI ini bisa menang kembali Mudah-mudahan kita bertemu lagi dalam event festival layang-layang internasional,” jelasnya. VIV

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: