Honda

Meningkatkan Minat Baca Anak-anak dengan Perpustakaan Keliling

Meningkatkan Minat Baca Anak-anak dengan Perpustakaan Keliling

LAHAT, PALPRES.COM – Guna meningkatkan minat baca anak-anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lahat menghadirkan perpustakaan keliling di Lapangan Eks MTQ Lahat.

Plt Kadin Perpustakaaan dan Kearsipan Lahat, Bidaria SE mengatakan, tujuan dari perpustakaan keliling ini untuk menumbuhkan kembali minat baca anak-anak sekolah.

"Selain itu, juga untuk meningkatkan serta memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan, guna mencerdaskan generasi bangsa," ucapnya, Senin (4/7/2022).

Menurutnya, perpustakaan merupakan agen perubahan, agen pembangunan, dan agen kebudayaan umat manusia. Banyak ilmu pengetahuan yang didapat dengan membaca.

"Dari membaca buku, cakrawala dan wawasan dari penjuru dunia bisa kita pelajari, sehingga dapat diterapkan di bangku sekolah," ulas Bidaria.

Sebab, lanjut dia, berbagai penemuan sejarah, pemikiran dan ilmu pengetahuan yang telah ditemukan pada masa lalu, direkam dalam bentuk tulisan. Dapat dipelajari, diteliti, atau bentuk tertentu yang disimpan di perpustakaan.

"Kami berharap semoga dapat terbantu dengan adanya perpustakaan keliling. Diharapkan juga dapat meningkatkan pengetahuan dalam dunia pendidikan," katanya.

Bidaria berharap, mobil perpustakaan keliling dapat mampu menjadi stimulan untuk mendorong budaya baca masyarakat.

"Pola jemput bola ternyata cukup efektif. Banyak anak-anak yang menghampiri mobil perpustakaan keliling untuk mencari buku yang disenangi untuk membacanya," tutupnya. DEN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: