Honda

Perwatusi Gencar Kampanye Lawan Osteoporosis

Perwatusi Gencar Kampanye Lawan Osteoporosis

PALEMBANG, PALPRES.COM - Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) terus menggencarkan kampanye lawan osteoporosis hingga ke pelosok daerah. Salah satu perlawanan tulang keropos ini dengan membiasakan untuk berolahraga atau bergerak.

Hal ini pula yang dilakukan Perwatusi di Palembang, organisasi ini melaksanakan kegiatan olahraga dengan melibatkan ratusan warga di halaman Jakabaring Sport City (JSC), Senin (04/07/2022) pagi.

Ketua Umum Perwatusi Pusat Anita A Hutagalung mengatakan, kampanye melawan osteoporosis merupakan kelanjutan program gerakan Nasional Melawan Osteoporosis yang dicanangkan Wakil Presdien Ma’ruf Amin pada 23 Oktober 2021.

“Dari gerakan inilah selanjutnya kami melanjutkan kegiatan secara berkesinambungan. Khusus di Sumsel, kami akan membuka cabang di 17 kabupaten/kota. Cabang ini nantinya akan melatih instruktur dalam melakukan sosialisasi osteopororsis,” terangnya.

BACA JUGA: 4 Juli, Gubernur Canangkan Sumsel Lawan Osteoporosis

Dia menjelaskan, para instruktur ini akan menjadi ujung tombak dalam menggaungkan gerakan melawan osteoporosis. Namun demikian, pihaknya tetap berkolaborasi dengan berbagai lembaga di Sumsel agar upaya melawan osteoporosis bisa dilakukan secara maksimal.

“Instruktur ini sebelumnya dilakukan pelatihan dan sertifikasi sehingga mereka bisa melaksanakan senam sehat sebagai langkah untuk melawat osteopororis,” katanya.

Senam sehat ini, sambung Anita, menjadi metode untuk mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat atas penyakit osteoporosis ini.

“Cara mencegah osteoporosis harus sering berolahraga karena dengan banyak bergerak akan tetap menjaga kesehatan tulang. Selain itu juga perlu dijaga nutrisi yang sehat termasuk cukup mengkonsumsi sayuran hijau dan makanan yang mengandung banyak Kalsium,” terangnya.

BACA JUGA:Jaga Imunitas Tubuh dengan Berolahraga

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Prov. Sumsel H Rosidin Hasan berharap agar kampanye lawan osteoporosis ini bisa dikembangkan di seluruh daerah di Sumsel. Tujuannya agar warga memiliki tulang yang sehat.

“Mari gelorakan olahraga ini sehingga kita menjadi sehat. Perilaku yang sehat akan menjadikan pribadi yang sehat,” ajaknya disela membuka acara Pencanangan Gerakan Sumsel melawan Osteoporosis.

Dia menjelaskan, Pemprov Sumsel juga berupaya melawan tulang rapuh dengan menjadi tuan rumah Fornas VI. Lewat olahraga wisata ini, pemerintah tidak hanya membangun kesehatan secara individu tetapi juga membangun kesehatan sosial.

“Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak anak muda yang jarang melaksanakan kegiatan olahraga sehingga tidak banyak bergerak. Untuk itulah, kondisi ini perlu diantisipasi salah satunya kehadiran Perwatusi di Sumsel, sehingga diharapkan bisa membangun kesehatan sosial dan bisa membangun perekonomian daerah,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: