Honda

Mortir Aktif Ditemukan Warga di Kebun Sawit

 Mortir Aktif Ditemukan Warga di Kebun Sawit

LAHAT, PALPRES.COM - Puluhan mortir aktif ditemukan tidak sengaja oleh warga Desa Purwosari, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat di lahan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Kepala Desa (Kades) Purwosari, Aswansyah membenarkan, adanya penemuan granat mortir aktif di desanya. “Betul, ada penemuan granat,” ujarnya kepada media ini, Rabu (6/7/2022).

Ditambahkannya, mortir aktif iu berukuran 50 milimeter. 

Awalnya, salah satu warganya, Edi Purwo Prasojo yang menemukan mortar itu di lokasi perusahaan sawit.

BACA JUGA:Babinsa Koramil 405-02/Merapi Hadiri Mediasi Warga dan Perusahaan

Setelah menemukan benda itu, warga memberitahukannya kepada babinsa. Selanjutnya, babinsa berkoordinasi dengan kepala desa. 

“Saya bersama Pak Babinsa, bersama sama mengecek benda itu ternyata benar,” ujar Aswansyah.

Selanjutnya, sambung Aswansyah, puluhan mortir ini dibawa ke Benglap Lahat untuk dimusnahkan agar tidak membahayakan masyarakat. 

“Kami berharap kepada warga yang lainnya, apabila kembali menemukan granat atau mortir, dapat melapor ke desa, supaya tidak membahayakan warga,” tukasnya.

BACA JUGA:Empat Babinsa Koramil 405-04/Ulu Musi Hadiri Pembagian Dana BLT

Terpisah, Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP melalui Danramil 405-02/Merapi, Kapten Inf Sudarno membenarkan, dirinya telah menerima laporan dari anggota babinsa yang bertugas di Desa Purwosari, menemukan puluhan mortir aktif yang diperkirakan dari  masa Perang Dunia Kedua

"Kepada warga yang menemukan benda-benda asing atau aneh bentuknya, segera berkoordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat atau segera hubungi anggota Babinsa," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com