Honda

Duta Genre dan Forum Anak Cegah Pernikahan Dini

Duta Genre dan Forum Anak Cegah Pernikahan Dini

PALI, PALPRES.COM - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terus melakukan upaya pencegahan pernikahan usia dini di Kabupaten PALI.

Bahkan, hampir setiap hari, DPPKBPPPA Kabupaten PALI turun ke desa-desa untuk mensosialisasikan bahaya atau risiko pernikahan usia dini.

Termasuk telah membentuk Duta Genre, Forum Anak dan lainnya yang diambil dari anak-anak muda asal Kabupaten PALI untuk membantu pemerintah dalam menekan angka pernikahan usia dini di Kabupaten PALI.

"Duta Genre dan Forum Anak itulah nanti yang memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kepada anak-anak untuk menghindari penikahan diusia dini," kata Kepala DPPKBPPPA PALI, Dra Hj Yenni Nopriani belum lama ini. 

Ia menerangkan, berdasarkan anjuran dari BKKBN jika usai pernikahan yang ideal yakni 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki.

"Jadi kalau usai yang akan menikah itu masih dibawah usia yang dianjurkan, kalau bisa dihindari," sarannya. 

Selain Duta Genre dan Forum Anak yang turun ke lapangan, ia menjelaskan, petugas DPPKBPPPA melalui penyuluh KB juga sering memberikan pengertian resiko yang terjadi pasca melakukan pernikahan usia dini. 

Seperti, mulai dari belum siapnya alat reproduksi hingga tingginya angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan. 

"Itu yang sering terjadi pada ibu yang melangsungkan pernikahan usia yang belum matang," terangnya.JOE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: