Honda

Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar: Menang Saja Belum Cukup!

Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar: Menang Saja Belum Cukup!

JAKARTA, PALPRES.COM - Timnas U-19 Indonesia wajib menang atas Myanmar dalam pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam ini. 

Meskipun menang saja belumlah cukup untuk memastikan lolos ke babak semifinal, karena masih bergantung pada hasil pertandingan Vietnam vs Thailand pada waktu yang sama. 

Ada peluang kedua tim ini akan main mata. Tapi, biarlah itu jadi urusan PSSI yang memantaunya. Terpenting, skuad Shin Tae Yong fokus pada laga menghadapi Myanmar. Bekali diri dengan kepercayaan diri dan semangat pemain harus tetap tinggi. 

Timnas U-19 Indonesia memang akan tampil dengan beban berat. Bukan hanya soal target ingin menang, tetapi kondisi tim saat ini sedang tidak baik-baik saja. 

Untuk bisa menang, Indonesia harus bermain agresif dengan tempo tinggi. Itu tidaklah mudah. Sebab sebelumnya, saat lawan Filipina, banyak pemain Indonesia mengalami kram dan cedera sampai ditandu ke luar lapangan. 

Tiada jalan lain, Shin Tae Yong bakal melakukan rotasi pemain kembali seperti laga sebelumnya, untuk mendapatkan pemain-pemain bugar demi asa bermain menyerang. 

"Saya belum memikirkan (materi pemain, red), nanti dilihat saja siapa yang siap bermain," katanya.

Pelatih asal Korea Selatan itu sejatinya sudah mengantongi calon pemain yang akan diturunkan sejak menit awal. Starter seperti saat melawan Thailand pada Rabu (6/7) lalu, kemungkinan diturunkan dari awal. 

Bedanya, tak ada nama Marselino Ferdinan, yang cedera hamstring dan dipastikan absen sampai dua bulan ke depan. Tanpa Marselino, ada sosok Zanadin Fari, Al Hudaifi, dan Arkhan Fikri yang bisa diturunkan. Namun, semua bergantung kepada Shin Tae Yong karena bisa saja komposisi pemainnya berubah, bergantung kepada kebutuhan dalam pertandingan malam ini. 

"Kami ingin menang, untuk tetap menjaga peluang lolos ke babak berikutnya," tegas Shin Tae Yong. 

Kalau ternyata Indonesia menang atas Myanmar, tiket semifinal tidak otomatis milik skuad Garuda Nusantara. Nasib Indonesia ditentukan oleh laga Vietnam vs Thailand. Kedua tim harus saling mengalahkan. Atau setidaknya imbang tanpa gol. 

Penentuan peringkat di grup pada turnamen ini ditentukan oleh sistem head to head. Meski menang atas Myanmar, Indonesia tidak melaju ke semifinal jika Vietnam dan Thailand bermain imbang dengan gol, misalnya 1-1, 2-2 dan seterusnya.

Kalau Indonesia menang, sementara Vietnam dan Thailand seri, maka ketiga tim tersebut memiliki poin yang sama yakni 11. Dengan demikian, untuk menentukan peringkat, dibuat klasemen kecil beranggotakan tiga tim itu.

Kalau Vietnam dan Thailand sama kuat tanpa gol, maka Indonesia (selisih gol +11) dan Vietnam (+9) berhak ke empat besar lantaran penilaian dialihkan ke selisih gol terbanyak dalam Grup A. Selisih gol diambil sebagai acuan karena Thailand (+6), Vietnam dan Indonesia sudah saling berhadapan dengan hasil masing-masing 0-0.

Akan tetapi, misalnya Vietnam dan Thailand imbang dengan gol, kedua tim tersebut yang memastikan slot di semifinal karena Indonesia hanya seri 0-0 ketika melawan mereka.

Namun, andai Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, lalu Indonesia menaklukkan Myanmar, maka anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong langsung ke semifinal bersama Vietnam atau Thailand. JPNN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: