Honda

Penyakit DBD Mulai Serang Warga Pagaralam

Penyakit DBD Mulai  Serang Warga Pagaralam

PAGARALAM, PALPRES.COM - penyakit demam berdarah dengue (DBD) mulai menghantui warga Griya Bangun Sejahtera (GBS) Kota Pagaralam.

Tidak menentunya cuaca akhir-akhir ini, membuat masyarakat khawatir. Pasalnya, cuaca tidak menentu seperti saat ini atau yang dikenal musim pancaroba, merupakan momentum berbagai penyakit menyerang, seperti penyakit DBD, diare, batuk pilek, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Satra, salah seorang warga mengatakan, sudah ada beberapa tetangganya yang terkena penyakit DBD. "Sudah ada beberapa anak yang dirawat akibat DBD," kata dia.

Oleh karena itu, dirinya meminta pemerintah melalui pihak terkait seperti RT dan RW menyampaikan kepada Dinkes, untuk memantau serta melakukan tindakan terhadap keberadaan tempat jentik-jentik nyamuk berkembang biak. Serta mengimbau masyarakat untuk terus menjaga lingkungan sekitar.

“Guna meminimalisir kekhawatiran warga terserang penyakit DBD, seharusnya ada tindakan dari Dinkes untuk melakukan pencegahan. Di antaranya melakukan fogging (pengasapan) di titik- titik tempat berkembangbiaknya jentik-jentik nyamuk,” ujarnya.

Ketua RW 05, Amanu mengatakan, tahun-tahun sebelumnya, Dinkes gencar melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan. Namun kegiatan yang dilakukan oleh Dinkes tersebut tidak terlihat sama sekali beberapa waktu ini.

“Dulu pernah kegiatan penyemprotan dilakukan, namun akhir-akhir ini jarang. Entah mungkin karena tidak ada anggaran atau sudah tidak ada lagi program tersebut. Kami berharap pemerintah untuk memantau dan melakukan tindakan pencegahan, supaya masyarakat tidak khawatir terserang penyakit DBD,” harapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: