Honda

Ubah Kecemasan Menjadi Energi Positif, Begini Caranya

Ubah Kecemasan Menjadi Energi Positif, Begini Caranya

PALEMBANG, PALPRES.COM - Merasa cemas merupakan hal normal. Namun, rasa cemas yang muncul secara sering atau berlebihan bisa jadi tanda gangguan kecemasan. Kondisi ini dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya. Oleh karena itu, ubah kecemasan tersebut menjadi energi positif.

Melansir dari instagramnya @meaningful.me, Menurut Dr. Gene Beresin, pendiri Clay Center for Healthy Young Minds di Massachusetts Hospital, mengalami kecemasan adalah hal yang wajar. Kecemasan adalah sistem alarm tubuh sehingga menjadi lebih waspada. Meskipun normal, kecemasan bisa hadir pada waktu yang tidak tepat dan menimbulkan reaksi berlebihan.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Behaviour Research and Therapy, mengubah kecemasan menjadi energi dan pikiran positif dapat mengurangi kecemasan.

1. Pahami Emosi

BACA JUGA:PMK Merebak, Peternak di PALI Cemas

Telapak tangan yang berkeringat, perut kram, jantung berdetak kencang, dan napas cepat merupakan tanda kecemasan. Gejala ini memiliki kemiripan ketika kamu sedang bersemangat dan antusias pada suatu hal.

Perbedaannya, saat kamu bersemangat dan antusias dengan suatu hal, ada perasaan bahagia menyelimuti. Oleh karena kecemasan dan rasa semangat dimulai dengan cara yang sama, kamu tinggal memutuskan untuk mengarahkan emosi tersebut sebagai hal yang positif atau negatif.

2. Jangan dulu tenangkan diri, baiknya lakukan ini

Alih-alih menenangkan diri dengan mencoba melawan respons tubuh saat cemas yang terkadang justru bisa memicu stres, akan lebih baik jika kamu melampiaskan perasaan tersebut secara fisik dengan melakukan kegiatan lain yang memicu semangat.

BACA JUGA:Lawan Hoaks Kesehatan, Halodoc dan TikTok Hadirkan Konten Edukasi #InfoKesehatan

Itu artinya, kamu mengubah kecemasan dengan mengalihkan perasaan tersebut menjadi energi positif. Misalnya menyalurkan kecemasan tersebut dengan menyanyi, menghitung, atau berbicara. Yakinkan diri sendiri bahwa sedang bersemangat melakukan suatu hal.

Hadapi kecemasan sebagai tantangan. Kecemasan membuat pandanganmu terhadap suatu hal menjadi menakutkan. berisiko, dan penuh curiga. Saat inilah kamu perlu mengubah pandangan menjadi sebaliknya, yaitu hal tersebut penuh dengan peluang. keinginan, dan kemudahan. Proses mengubah pandangan inilah yang disebut sebagai tantangan yang harus dihadapi. bukan dihindari. Dengan begitu, kamu bisa menguasai diri dan mengendalikan kecemasan lebih baik.

3. Bayangkan kesuksesan

Saat cemas, otak cenderung memikirkan berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi. yang malah membuat kecemasan semakin memburuk. Agar pandangan berubah menjadi lebih positif, otak kita tentu perlu meningkatkan berbagai pikiran positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.instagram.com/meaningful.me/