Honda

Kunjungi Sekayu, Chandra Amprayadi Berikan Materi Ini

Kunjungi Sekayu, Chandra Amprayadi Berikan Materi Ini

*Bagi Penggiat Budaya dan Museum

MUBA, PALPRES.COM- Kepala Museum Negeri Balaputra Dewa Palembang, H Chandra Amprayadi mengunjungi Museum Penghulu Muhammad Soleh, di Sekayu, Rabu (13/7/2022). 

Kedatangannya bersama jajaran dalam rangka memberikan materi tentang Pelatihan Pendataan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Musi Banyuasin. 

Usai memberikan materi, H Chandra Amprayadi mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya kita memberikan sosialisasi bagi penggiat budaya dan museum di Muba. Karena, di Muba sendiri baru berdiri Museum Penghulu Muhammad Soleh yang mana koleksinya masih sangat minim, sehingga peran Museum Negeri Sumsel sebagai pembinaan Museum di daerah. 

"Kita berikan pengetahuan bagaimana penataan Museum, pengadaan benda koleksi, edukator maupun edukasi, konservasi-konservasi dan pemeliharaan terhadap barang-barang bersejarah koleksi, " ungkap Chandra

Sebab, menurut dia, di Museum Penghulu Muhammad Soleh kami melihat beberapa bentuk koleksi seperti keramik, gerabah, senjata dan alat musik. 

"Maka boleh dibilang masih sedikit koleksi yang ada disini, namun kemungkinan benda bersejarah di Muba masih banyak ditangan masyarakat, " katanya. 

Oleh karena itu, lanjutnya, peran Dinas Dikbud Muba mengadakan pendekatan kepada masyarakat agar bisa menyadari akan pentingnya nilai benda bersejarah itu, sehingga bisa dihibahkan ke museum sekaligus mengenalkan kepada generasi muda akan histori sejarah terbentuknya Kabupaten Muba. 

"Sebab itulah dengan pelatihan ini diharapkan kepada pengelola Museum bekerja harus benar-benar dari hati. Karena, pengelolaannya tidak hanya dengan pintar dan punya keahlian harus mencintai sepenuh hati Museum, " tandasnya.MUH

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: