Honda

Mudah Merasa Khawatir, Praktekkan 7 Tips Ini! 


Mudah Merasa Khawatir, Praktekkan 7 Tips Ini! 


PALEMBANG, PALPRES.COM - Khawatir adalah sikap berpikir berlebihan atau terlalu cemas tentang suatu masalah atau situasi. Kekhawatiran biasanya disertai dengan rasa tidak nyaman dan kecemasan.

Sikap ini menyebabkan seseorang menjadi terganggu, memusatkan pikiran pada kejadian negatif yang mungkin terjadi, serta dilanda ketakutan yang tidak masuk akal dan tidak berdasar.

Meskipun tidak ada cara untuk menghilangkan pikiran ini sepenuhnya, namun dapat mengurangi efek negatifnya secara signifikan.

Melannsir dari instagramnya @meaningful.me, berikut 7 tips untuk menjaga kekhawatiran tetap terkendali :

BACA JUGA:Lawan Hoaks Kesehatan, Halodoc dan TikTok Hadirkan Konten Edukasi #InfoKesehatan

1. Coba meditasi mindfulness

Mindfulness adalah bentuk meditasi dalam upaya memahami diri dan mengeluarkan pikiran serta perasaan negatif. Berlatih meditasi mindfulness melibatkan pemusatan perhatian pada saat ini. Hal ini dapat membantu untuk menjaga pikiran berkelana ke masa lalu ataupun masa depan.

2. Lakukan Deep Breathing

Dengan melakukan latihan pernapasan, detak jantung akan menurun, otot-otot akan rileks, dan pikiran melambat, semuanya dapat membantu mengurangi kekhawatiran.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan, Simak Ini!

3. Lakukan Guided Imagery

Satu study 2018 menunjukkan bahwa melakukan imajinasi berbasis alam dapat membantu memicu respon perilaku dan fisiologis yang positif.

4. Lakukan Body Scan

Meditasi pemindaian tubuh dapat membantu mengembalikan fokus ke tubuh sehingga dapat mulai melepaskan stress yang di tahan.

BACA JUGA:Olahraga Airsoft Spring Untuk Kesehatan Dan Fokus

5. Bicara Dengan Orang Lain

Salah satu cara terbaik untuk tidak merasa sendirian adalah dengan berbagi kekhawatiran dengan orang lain yang bersedia meluangkan waktu mendengarkan, memvalidasi dan memahami apa yang diinginkan serta memberi dukungan yang dibutuhkan. Seperti sahabat, tokoh agama, mentor atau profesional kesehatan mental.

6. Buat Wory Jurnal

Mencatat kekhawatiran dapat membantu menganalisis dan memproses perasaanmu cukup dengan menulis pemikiran. Cukup dengan menuliskan pemikiran tentang situasi yang mengganggu, yang dapat memungkinkan untuk melihatnya dari sudut pandang yang baru.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Lakukan Senam Lansia

7. Gerakan Badanmu

Kamu mungkin sudah mendengarnya jutaan kali, tetapi olahraga memang memiliki dampak positif yang signifikan pada kondisi mental. Tidak harus olahraga berat, bahkan berjalan kaki 10 menit di sekitar rumah pun dapat membantu menenangkan pikiran yang kacau.

Jadi tunggu apalagi, jangan lupa praktekkan pada diri  kita masing-masing. Anda juga dapat memasukkan beberapa tips ini kedalam rutinitas harianmu untuk dampak jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: