Honda

Puluhan Hektar Sawah di Lahat Diserang Hama Tikus

Puluhan Hektar Sawah di Lahat Diserang Hama Tikus

LAHAT, PALPRES.COM- Puluhan Hektar sawah yang telah ditanam padi siap panen dirusak oleh hama tikus dan wereng di Desa Nanjungan, Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat.

Iswandi petani asal Nanjungan mengatakan sawah miliknya yang siap panen dirusak hama tikus, sehingga harus dilakukan panen sebelum waktunya.

"Betul, yang dirusaknya mulai dari batang bagian bawah hingga buah padi, sehingga banyak yang roboh dirusak hewan pengerat," terangnya, Jumat (15/7/2022).

Selain itu, sambung dia, wereng pun ikut menyerang padi, sehingga petani harus memanen sebelum jadwalnya, supaya tidak meluas hingga ke pemilik lainnya.

BACA JUGA:Antisipasi Hama Blast, Petugas Turun ke Areal Sawah

"Memang, tikus ini menyerang setiap saat, bukan milik saya saja, melainkan hamparan lain juga ikut dirusak sehingga ini merugikan kami semua,” jelasnya.

Iswandi berharap, kepada instansi terkait dapat turun ke lapangan dan memberantas hama tikus dan wereng, supaya petani masih bisa memanen dan menjualnya.

"Kalau burung tidak begitu, tikus dan wereng inilah sangat ganas sekali merusaknya, dan kepada pihak terkait dapat turun ke lokasi,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: