Honda

Camat Tebing Tinggi Gagas Program Sedekah Tengkat Buat Kaum Duafa

Camat Tebing Tinggi Gagas Program Sedekah Tengkat Buat Kaum Duafa

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM - Camat Tebing Tinggi, Noperman Subhi menggiatkan program Sedekah Tengkat atau Sedekah Rantang. Program ini menjadi solusi dalam membantu warga pasca Covid-19.

"Rantang punya banyak kegunaan, selain untuk membawa bekal makanan rantang juga digunakan sebagai wadah hantaran," kata Noperman.

Dia menjelaskan, rantang dalam bahasa Inggris disebut tiffin carrier, sementara orang India menyebutnya dabbas.

"Orang Arab beda lagi, rantang disebut safartas. Tapi kalau bahasa kita (Empat Lawang, red) rantang disebut dengan tengkat," terangnya setelah melaunching kegiatan ini di rumah Suhaimi warga Kelurahan Tanjung Makmur, Jumat,(15/7/2022).

BACA JUGA:Sekda dan Camat Tebing Tinggi Tinjau Lapangan Sepak Bola Mini

Dijelaskan Noperman, pasca Pandemi ini banyak masyarakat yang kesusahan dalam kehidupan ekonomi. Program Sedekah Tengkat terinisiasi dari budaya peserta pernikahan di Empat Lawang yang berkaitan dengan sedekah karena diselenggarakan dengan meriah dan dihadiri ratusan orang.

"Dalam pesta tentu saja ada makanan seperti nasi, sayur dan lauk yang disajikan berlimpah untuk menjamu para tamu. Seringkali usai sedekah berakhir, banyak makanan sisa yang tidak dimakan," jelasnya.

Padahal, sambung dia, masih banyak warga yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum.

"Untuk itulah, saya mengganggas Sedekah Tengkat itu," katanya.

BACA JUGA:Camat Tebing Tinggi Kunjungi Desa Terusan Lama

Dia menjelaskan, program ini dilakukan dengan cara, Ketua Rukun Tetangga (RT) akan menitipkan rantang kosong kepada mereka yang melaksanakan sedekah di wilayahnya. Dengan harapan warga setuju dan dapat mengisi rantang tersebut dengan nasi, sayur dan lauk yang menjadi bagian dari hidangan sedekah.

"Rantang yang telah diisi nantinya akan diambil oleh Ketua RT yang  menitipkan rantang, lalu diberikan kepada kaum dhuafa dalam satu wilayah kelurahan yang sudah terdata dalam database kaum dhuafa yang ada dikelurahan yang telah didaftarkan oleh masing-masing RT serta disahkan secara bersama dengan lurah dan diketahui oleh camat Tebing Tinggi,"jelas Noperman Subhi.

Noperman Subhi meminta dukungan kepada masyarakat untuk mensukseskan kegiatan ini, selain bermanfaat untuk kaum dhuafa juga membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat Tebing Tinggi.

Sebab dalam nilai nasionalisme itu ada giat gotong royong yang mesti dilestarikan di kehidupan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: