Honda

Gubernur Sumsel Herman Deru Dijadwalkan Bekarang di Tanjung Raya

Gubernur Sumsel Herman Deru Dijadwalkan Bekarang di Tanjung Raya

LAHAT, PALPRES.COM- Jika tidak ada aral yang menghalang, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dan Forkompimda dijadwalkan melakukan bekarang (menangkap ikan, red) di Sungai Lingsing, Desa Tanjung Raya. 

Hanya saja sebelumnya, Gubernur Sumsel dijadwalkan akan melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor Kecamatan Pseksu.

Kepala Desa (Kades) Tanjung Raya, Hengki Haipun membenarkan, Gubernur Provinsi Sumsel pada 20 Juli 2022 akan menangkap ikan yang memang telah dijaga dan dipelihara kurang lebih satu tahun ini.

"Disini, tradisi bekarang menangkap ikan apabila ada tamu agung, untuk lokasinya pun telah disiapkan, sehingga Gubernur dan Bupati serta Forkompimda dan jajaran dapat menjalankannya," ungkapnya, Ahad (17/7/2022).

BACA JUGA:Puluhan Hektar Sawah di Lahat Diserang Hama Tikus

Dirinya menambahkan, untuk ikannya sendiri memang tidak boleh ditangkap, sesuai adat istiadat secara turun menurun terus terpelihara.

"Selain ditangkap bersama, langsung dimasak dan makan di tempat karena lebih enak, agar ekosistem sungai terjaga dan siap dipanen," beber Hengki.

Senada, Kades Lubuk Mabar, Yeni Fitriana mengemukakan, seluruh kades se-Kecamatan Pseksu siap menyambut kedatangan orang nomor satu di Sumsel. 

"Insya Allah, beliau menyempatkan diri untuk kunker ke Kantor Kecamatan Pseksu, untuk bertatap muka dan tanya jawab dengan pemerintah setempat serta masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Camat Pseksu, Ega Warti SP MM menuturkan, segala persiapan telah dikerjakan, mulai menyambut kedatangan Gubernur Sumsel hingga bekarang di Sungai Lingsing.

"Alhamdulillah, ini pertama kali Gubernur Provinsi Sumsel menyambangi Pseksu, guna melihat dari dekat apa yang bisa dibantu dalam segi pembangunan maupun sektor lainnya, yang bisa dibawa ke sini,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: