Honda

Sulit Tidur, Coba Deh Lakukan Ini

Sulit Tidur, Coba Deh Lakukan Ini

JAKARTA, PALPRES.COM – Bagi sebagian Anda mungkin pernah mengalami sulit untuk tidur malam. Bahkan beberapa di antara Anda bisa jadi kondisi ini terjadi hampir di setiap malam.

Sebuah artikel yang dipublis halodoc, banyak alasan yang menyebabkan orang sulit tidur. Artikel yang sudah ditinjau oleh dr. Rizal Fadli ini memberikan solusi agar bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Adapun cara yang bisa dilakukan yakni:

1. Usahakan untuk Bangun pada Jam yang Sama Setiap Hari

BACA JUGA:Ini Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala, Jangan Dilakukan ya

Menjelang akhir pekan, kamu mungkin sangat tergoda untuk tidur larut malam karena berpikiran dapat bangun pada jam berapapun keesokkan harinya karena hari libur. Namun, bagi kamu yang mengidap insomnia atau sulit tidur, kamu dianjurkan untuk bangun pada waktu yang sama setiap harinya untuk melatih tubuhmu bangun pada waktu yang konsisten.

2. Hindari Alkohol dan Stimulan seperti Nikotin dan Kafein

Efek kafein dapat bertahan selama beberapa jam, bahkan mungkin sampai 24 jam, sehingga potensi zat tersebut memengaruhi tidur kamu sangat signifikan. Mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi atau teh, tidak hanya dapat membuat kamu sulit tidur, tetapi juga dapat membuat sering terbangun, sehingga mengurangi kualitas tidurmu.

Begitu juga dengan alkohol. Zat ini mungkin memiliki efek sedatif dalam beberapa jam pertama setelah konsumsi, tetapi kemudian dapat membuat kamu merasa segar dan bersemangat, sehingga mencegahmu memiliki tidur malam yang nyenyak.

BACA JUGA:Perhatikan Penyebab Insomnia AlaDokter

Bila kamu menggunakan obat-obatan yang bertindak sebagai stimulan, seperti dekongestan atau inhaler asma, bicarakan pada dokter kapan sebaiknya kamu menggunakannya agar tetap bisa tidur dengan baik.

3. Batasi Waktu Tidur Siang

Walaupun tidur siang tampaknya seperti cara yang tepat untuk menggantikan waktu tidur yang kurang, tetapi nyatanya justru dapat membuat waktu tidurmu berantakan. Penting untuk menetapkan dan mempertahankan pola tidur yang teratur, serta melatih diri untuk mengenal waktu tidur dengan membuat kondisi, seperti meredupkan lampu dan tidur pada waktu yang konsisten. Tidur siang dapat memengaruhi kualitas tidur di malam hari.

4. Berolahraga Secara Teratur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: