Honda

Bupati Enos Buka Pra Kongres Kebudayaan Tahun 2022

Bupati Enos Buka Pra Kongres Kebudayaan Tahun 2022

OKU TIMUR, PALPRES.COM- Sesuai dengan amanat konstitusi, negara wajib memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya. 

Kini, upaya pemerintah meningkatkan ketahanan budaya untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa Indonesia, baik yang datang dari domestik maupun luar (eksternal), pada masa kini dan mendatang menjadi semakin jelas dan terarah. 

Dengan ditetapkannya Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, pemerintah diamanatkan untuk menyusun Strategi Kebudayaan yang menjadi landasan pembangunan nasional.

Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Pra-Kongres Kebudayaan Komering Tahun 2022. 

BACA JUGA:Wabup Yudha Instruksikan OPD Sosialisasikan JKN

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur H Lanosin, ST ini mengusung tema "Merajut Keberagaman Bumi Komering" dan diselenggarakan di Aula Parai Puri Tani Martapura pada Rabu, 20 Juli 2022.

"OKU Timur memiliki 9 kebudayaan yang telah memiliki hak paten, kearifan dan budaya lokal harus terus dipertahankan agar kita semua tahu jati diri kita," ungkap Bupati Enos saat memberikan sambutan.

Bupati Enos berharap agar 9 budaya yang ada di Kabupaten OKU Timur bisa dijadikan modal dalam meningkatkan perekonomian,

“Keberagaman ini merupakan potensi yang dapat dijadikan sebagai pendorong peningkatan ekonomi masyarakat melalui UMKM," jelasnya.

Selain itu, Bupati Enos juga berharap dalam kegiatan tersebut bisa melahirkan suatu makalah yang bisa dipatenkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: