Honda

Geger! Wartawan Israel Masuk Mekkah Lewati Ka’bah

Geger! Wartawan Israel Masuk Mekkah Lewati Ka’bah

JAKARTA, PALPRES.COM - Aksi editor media Israel Channel 13, Gil Tamari bikin geger umat Islam dunia, khususnya Arab Saudi.

Pasalnya, ia mengaku menyusup ke Mekkah, kota suci umat Islam di Arab Saudi, yang terlarang dikunjungi umat nonislam. 

Tamari bahkan menyiarkan sejumlah cuplikan video dirinya melalui medianya saat berhasil masuk ke Kota Mekkah. Atas prilakunya itu, banyak pihak menuntut Tamari agar dihukum berat.

Dalam rekaman video yang dirilis Channel 13 memperlihatkan Tamari tengah mengemudi sebuah mobil dengan leluasa di sekitar kota suci Mekkah.

"Tamari bahkan tampak melewati Gerbang Mekkah, gerbang yang menandai pintu masuk ke kota suci tersebut hingga gerbang Masjidil Haram," demikian laporan Middle East Eye dikutip Rabu, 20 Juli 2022.

Parahnya lagi, Tamari juga berswafoto di Gunung Arafah, tempat Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhir dan salah satu situs umat Muslim beribadah haji.

Pihak berwenang melarang total non-Muslim memasuki Mekkah dan Madinah. Bagi umat non-Muslim yang mencoba masuk bisa mendapat hukuman, termasuk denda atau deportasi.

Tamari merupakan salah satu dari tiga wartawan Israel yang mendapat izin masuk Arab Saudi. Mereka di negara itu untuk meliput konferensi yang dihadiri Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pekan lalu.

Dengan banyaknya kecaman dari berbagai pihak, Tamari meminta maaf di media sosial.

Ia menyatakan tujuan video tersebut adalah untuk menunjukkan betapa penting Mekah dan keindahannya.

"Keingintahuan adalah jantung dan pusat jurnalisme, dan jenis pertemuan jurnalistik tangan pertama inilah yang membedakan jurnalisme yang baik dari jurnalisme yang hebat," kata Tamari. (*)

 

Artikel ini sudah tayang di Disway.id dengan judul "Geger! Wartawan Israel Menyusup ke Mekkah hingga Berswafoto di Gunung Arafah, Dunia Mengecam" 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: