Honda

JKN Muratara 94 Persen, Dekati Target Nasional

 JKN Muratara 94 Persen, Dekati Target Nasional

MURATARA, PALPRES.COM- Angka kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kabupaten Muratara, saat ini sudah mencapai 94 persen.

Sementara target JKN secara nasonal, 98 persen.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Manusia Kesehatan Mirwan mengatakan, dengan melibatkan Camat dan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Muratara, pihaknya melakukan sosialisasi guna memenuhi target 98 persen peserta JKN di wilayah kabupaten Muratara.

Apabila target tersebut tercapai, menurut dia, maka masyarakat Kabupaten Muratara bisa langsung membuat kartu BPJS Kesehatan langsung tanpa harus menunggu lama.

BACA JUGA:Wabup Yudha Instruksikan OPD Sosialisasikan JKN

"Saat ini baru 94 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Muratara peserta JKN mandiri maupun dibayar pemerintah, dengan pencapaian tersebut, masyarakat yang akan membuat kartu BPJS harus memenuhi persyaratan, dan masa aktifnya selama dua minggu,"katanya

Lanjutnya, sebaliknya jika sudah tercapai 98 persen, masyarakat yang ingin membuat kartu BPJS cukup melampirkan KK dan KTP, kemudian kartu langsung jadi.

Keterlibatan Camat dan Kades dalam sosialisasi JKN, lanjutnya, untuk meningkatkan pencapaian peserta JKN melalui optimalisasi peran berbagai pihak, mulai dari OPD hingga aparat desa.

“Sehingga nantinya Kabupaten Muratara mampu mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta, dan berbagai masalah pembiayaan pelayanan kesehatan bisa teratasi,” tambahnya. 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com