Honda

Curah Hujan Masih Tinggi, Dinkes OKU Ingatkan Warga Serangan DBD

Curah Hujan Masih Tinggi, Dinkes OKU Ingatkan Warga Serangan DBD

BATURAJA, PALPRES.COM - Masih tingginya curah hujan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyebabkan genangan air yang memudahkan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak. 

Oleh karenanya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKU selalu mengimbau warga yang tinggal di permukiman padat penduduk, agar selalu waspada terhadap penyebaran penyakit demam berdarah dangue (DBD). Terlebih, penyakit ini rentan menyebar saat musim hujan.

BACA JUGA:Penyakit DBD Mulai Serang Warga Pagaralam

Plt Kepala Dinkes OKU M Rozali melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Andi Prapto mengatakan, penyakit DBD kerap mengintai saat musim hujan. Hal ini dikarenakan saat musim hujan, banyak terdapat genangan air, sehingga jentik nyamuk Aedes Aegypti cepat berkembang biak dan menyebarkan penyakit pada manusia. 

Menurut dia, salah satu upaya agar jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak, warga diimbau menebarkan bubuk abate di bak mandi ataupun tempat penampungan air lainnya.

"Kami sudah menyebar bubuk abate di seluruh puskesmas untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan secara gratis," katanya. 

BACA JUGA:Dinkes OI Minta Warga Waspada Fogging Nyamuk DBD Ilegal

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat menerapkan pola 3M. Yaitu menguras dan menutup bak penampungan air, serta mengubur barang bekas. Cara ini dianggap sangat efektif untuk mencegah penyebaran DBD agar tidak menyebar pada masyarakat, khususnya anak-anak. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: