Honda

Tips Memilih Durian yang Manis dan Matang

Tips Memilih Durian yang Manis dan Matang

JAKARTA, PALPRES.COM - Durian menjadi buah favorit bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan lezat, serta buahnya yang besar, menjadikan buah ini dijuluki Si Raja Buah.

Namun, tidaklah mudah memilih buah durian yang matang dan manis. Biar tidak salah pilih, berikut lima tips memilih durian matang dan manis seperti dikutip dari situs cybex.pertanian.go.id:

 

1. Cermati bentuk durinya

Apa sih yang pertama kali harus diketahui untuk mendapatkan durian paling enak dan matang. Cermati bentuk durinya. Durian berduri pendek dan jarang diyakini rasanya lebih manis. Sebaliknya, jika durinya panjang dan rapat, bisa jadi daging buahnya sedikit. 

 

2. Kulit

Banyak orang cenderung membeli durian yang kulitnya sudah terbuka. Sebab dengan begitu, dapat terlihat warna dagingnya. Anda bisa memilih daging durian warna kuning atau putih. 

Percayalah, rasa dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat. Ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar. Sebaiknya, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

 

3. Bentuk bulat

Jika Anda ingin memperoleh buah durian isi kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat. Menurut para pedagang durian, buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang berbentuk bulat.

 

4. Cium aromanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: