Honda

Perhiptani Bantu Petani Kembangkan Cabai

Perhiptani Bantu Petani Kembangkan Cabai

OKU TIMUR, PALPRES.COM - Untuk mendukung para petani cabai di Bumi Sebiduk Sehaluan, Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sumsel bekerja sama dengan PT Simco Tridatama membantu para petani tersebut. 

Lahan untuk menanam cabai, sudah disiapkan Balai Latihan (BLPP) yang ada di Desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten OKU Timur.

Menurut Ketua Perhiptani Sumsel Listoyo, SE, SP., M.Si n, untuk sementara ini pihaknya sudah melakukan pengolahan lahan untuk cabai yang sementara sudah siap tanam berkisar 7,5 hektar.

"Lokasi lahan cabai ini semua warga yang menggarap dari berbagai daerah yang ada di OKU Timur, untuk keperluan kebutuhan tanam cabai ini kita bekerjasama dengan pihak Bank Sumsel, tidak menggunakan dana pemerintah,"terang Pak Lis.

BACA JUGA:Mumpung Harga Mahal, Cabai Belum Siap Panen Dijual

Untuk pengawasan penanam cabai nanti agar hasil cos  yang dinginkan tercapai, pihak Perhiptani dan PT Simco Tridatama akan terjun setiap mengawasi dan membantu proses pembibitan ,tanam hingga panen cabai.

"Jika nanti cabai panen dan petani akan menjual hasilnya, akan langsung dijual ke PT Simco Tridatama. Jadi petani tidak perlu takut harga cabai jatu, sehingga mereka merugi,"kata Listoyo.

Harapan Listoyo dengan adanya pembinaan dari Perhiptani dan PT Simco Tridatama, akan membuat petani cabai yang di Kabupaten OKU Timur lebih sejahtera dan bisa mendongkrak kehidupan petani cabai, selain dari hasil padi.

“Program ini kedepannya tidak hanya Kabupaten OKU Timur, tapi 17 Kabupaten yang ada di Sumatera Selatan,"tutupnya.

BACA JUGA:Waduh, Harga Cabai di Pagaralam Tembus Rp110 Ribu per Kg

Sementara dari pihak PT Simco Tridatama, Edi, menambahkan, untuk penanaman cabai ini mengunakan dua sistem, yakni sistem semai dan sistem benih.

Jadi nantinya sistem mana yang paling bagus, lanjut dia, yang akan dipakai petanu cabai nantinya.

“Lahan yang ada di Balai ini sangat bagus, selain dataran rendah dan datar, sehingga lebih mudah kita mengawasinya,” ujarnya.

BACA JUGA:Harga Cabai Merah Berangsur Turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com