Honda

Warga Inginkan DAM Buat Air Bersih Agar Kios Pasar Tiap Hari Buka

Warga Inginkan DAM Buat Air Bersih Agar Kios Pasar Tiap Hari Buka

LAHAT, PALPRES.COM- Hasil musyawarah desa (Musdes) Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023, di Desa Sumber Karya, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat didapati warga menginginkan adanya pembangunan dam (Bendungan kecil, red) yang berfungsi menampung air bersih.

"Selama ini, masyarakat mengandalkan air dari sumur, apabila kemarau maka kering. Nah, untuk itulah, pada Musdes ini mengusulkan pembangunan bendungan di dua titik," ungkap Basuri, Selasa (26/7/2022).

Basuri menambahkan, terlebih lagi apabila ada acara hajatan atau sedekah desa, maupun mengerjakan pembangunan infrastruktur di desa.

"Setidaknya dibangun bendungan di dusun 1 dan 3, sehingga kebutuhan akan air bersih terpenuhi, dan tidak perlu lagi penduduk jauh-jauh mengambilnya," terangnya.

BACA JUGA:Satlantas OKU Timur Terima 2.500 TNKB Putih Dari Dirlantas Polda Sumsel

Disamping itu, sambung dirinya, pembangunan kios di pasar sangat diperlukan, terkhusus bagi yang berjualan setiap hari.

"Selama ini, masyarakat belanja kebutuhan rumah tangga ketika ada pasar kalangan, nah dengan adanya kios ini akan ada aktifitas setiap hari berjualan,” jelas Basuri.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sumber Karya, Loniansyah membenarkan, bahwasanya dari pertemuan Musdes RKPDes TA 2023 ini, ada beberapa usulan yang masuk yang dinilai sangat baik semuanya.

"Semua usulan dari warga sangat baik, akan tetapi, ada yang menjadi prioritas utama untuk dibangun pada 2023, mengingat keterbatasan dana," bebernya.

Terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sumber Karya, Rudiansyah menuturkan, usulan-usulan tersebut akan ditampung dan dibahas lebih lanjut.

"Aspirasi dari masyarakat, akan kita bahas bersama-sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes), untuk diputuskan yang mana akan dikerjakan terlebih dahulu," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: