Honda

Sehari Bisa Kirim Pesanan 30 Ton Durian

Sehari Bisa Kirim Pesanan 30 Ton Durian

Warga Desa Gunung Aji, Kecamatan Kikim Timur mengupas durian, Kamis (28/7/2022).-Foto: Bernat/Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM – Kabupaten Lahat kini demam buah durian. Hampir di seluruh kecamatan bisa dijumpai buah berduri ini. Bahkan di pinggir jalan lintas maupun jalan umum pun berhamburan.

Durian Tekang (Dukang) asal Desa Gunung Aji, Kecamatan Kikim Timur dalam sehari bisa mengirim kepada pelanggan mencapai 30 ton.

"Betul, dalam seharinya pesanan dari pelanggan harus kita penuhi hingga 30 ton. Dibawa menggunakan termo king atau L-300 ke Medan, bahkan ada ke luar negeri," ujar pemilik Durian Tekang, Ucok Bengkulu, Kamis (28/7/2022).

BACA JUGA:Bermodal Rp7.000 Bisa Makan Durian Tembaga Nan Lezat

Ucok menambahkan, durian yang diperoleh berasal dari lingkungan sekitar, baik di Kikim Timur maupun Selatan. Durian ini memiliki rasa yang enak dan dagingnya tebal.

"Untuk dikirim ke pelanggan, terlebih dahulu mesti disortir. Kita carikan durian terbaik, tidak pecah dan busuk," paparnya.

Di samping dikirim ke Medan, sambung dia, daging durian dibuatkan juga tempoyak dan durian kupas yang dimasukkan ke dalam wadah.

BACA JUGA:Puncak Musim Durian Diprediksi Agustus

"Durian yang kualitasnya tidak begitu baik, kita buat tempoyak, makanan khas Kabupaten Lahat untuk dijual. Durian kupas dengan mutu terbaik, supaya tidak mengecewakan pemesan," sebut Ucok Bengkulu.

Ia menerangkan, apabila di Kabupaten Lahat tidak lagi musim durian, maka ia akan cari durian hingga ke Banda Aceh untuk memenuhi permintaan pasar.

"Durian ini ada yang dibuat sebagai bahan baku es krim, roti, dan lain sebagainya. Makanya kita berkeliling hingga ke Aceh," tukasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: