Honda

Bersinergi Kolaborasi Dukung UMKM Sumsel Semakin Maju

Bersinergi Kolaborasi Dukung UMKM Sumsel Semakin Maju

Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel),H Mawardi Yahya membuka Beachwalk Pempek Expo pameran kuliner UMKM Sumsel yang diadakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumsel di Beachwalk Mall, Denpasar Bali, Jumat (29/7/2022).-Betanica Susmanda-Palpres.com

DENPASAR,PALPRES.COM- Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel),H Mawardi Yahya membuka Beachwalk Pempek Expo pameran kuliner UMKM Sumsel yang diadakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumsel di Beachwalk Mall, Denpasar Bali, Jumat (29/7/2022). 

Beachwalk Pempek Expo ini berlangsung selama dua hari 29-30 Juli 2021 dan dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesi Provinsi Sumsel, Erwin Soeriadimadja, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumsel, Perwakilan Pemprov Bali, dan para peserta UMKM dari Sumsel yaitu Pempek cek molek, Pempek syamil, Pempek cek putri, Pempek umiabi, Rumah Kopi Sumsel, Beskabean coffee dan pelaku UMKM Provinsi Bali yaitu  Sambal mantu, Sese, Krilazzz, Coklat CK, Kopi Bali Arabika Kintani, The living barn. 

Dalam kesempatan tersebut, Mawardi Yahya mengucapkan terima kasih atas komitmen Bank Indonesia Sumsel dalam mendukung para pelaku UMKM di Sumsel dalam rangka pemulihan ekonomi. 

“Hari ini adalah luar biasa, komitmen Bank Indonesia Provinsi Sumsel dan Bank Indonesia Bali untuk mengembalikan perekonomian pasca pandemi ini agar segera pulih dan bisa membawa produk UMKM Sumsel pameran di mall terbesar di Bali yang sudah terkenal di seluruh dunia bukan hanya orang Indonesia saja,” terang Mawardi. 

BACA JUGA:Tiap Satu Pekan Anggota Polda Khatam Alquran

Selain itu, Mawardi Yahya juga menambahkan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Pemprov Bali untuk melakukan kerjasama antar daerah guna menghidupkan UMKM di Sumsel dan Bali.

Tak lupa, Mawardi juga berpesan kepada pelaku UMKM kuliner untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk yang dipasarkan. 

“Termasuk dari sisi rasa, daya tahan arena sudah masuk ke persaingan internasional agar mampu bersaing dengan UMKM lainnya,” imbau Mawardi. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Erwin Soeriadimadja menambahkan, Kegiatan Expo Pempek dan Kopi ini merupakan sinergi dari UMKM di Provinsi Sumsel dan Bali yang dirancang khusus untuk lebih memperkenalkan wisata kuliner identitas lokal khas Sumsel yaitu pempek dan kopi, Agar lebih dikenal luas baik domestik maupun mancanegara. 

“Acara pameran lebih memberikan kesempatan lebih luas bagi UMKM untuk mengembangkan akses pasarnya dan memberikan pengalaman expo di luar Palembang. Ini juga langkah kami mendukung gerakan bangga buatan Indonesia dan bangga wisata Indonesia,” ungkap Erwin. 

Pihaknya juga berterimakasih kepada Wagub Sumsel yang telah bersedia hadir dan membuka Beachwalk Pempek Expo ini. 

"Pada intinya Bank Indonesia terus mendorong kegiatan pengembangan UMKM yang mencakup tiga hal, satupengembangan kapasitas UMKM pelaku usaha pempek melalui pembinaan. Kita mendukung dengan pengadaan mesin retort agar pempek lebih terstandarisasi dan punya masa edar yang lebih lama,” tambah Erwin.

Lalu Kedua lanjut Erwin, kegiatan ini sebagai langkah melakukan pengembangan pasar dari pameran pempek ini mudah-mudahan para asosiasi dan pasar di Bali juga bisa bersinergi dengan UMKM asal Sumsel. 

Lalu ketiga dukungan digitalisasi dimana Bank Indonesia Sumsel mendorong platform e commers untuk para UMKM pembayarannya sudah menggunakan QRIS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: