Honda

Kostum Unik, Kombinasikan Unsur Garuda dan Pramuka

Kostum Unik, Kombinasikan Unsur Garuda dan Pramuka

Maeshah Aqila, siswa MTs Muqimus Sunah mengenakan pakaian dengan kombinasi unsur Burung Garuda dan Pramuka.-Foto: Sri Devi/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Lomba Fesyen Show menjadi salah satu agenda menarik dalam Gelanggang Pramuka dan Pemuda (Geprada) yang digelar Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Ahad (31/07/2022).

Salah satu yang menjadi daya tarik penonton, kostum yang digunakan Maeshah Aqila, siswa MTs Muqimus Sunah. Siswa kelas IX ini mengenakan pakaian dengan kombinasi unsur Burung Garuda dan Pramuka.

“Kami membuat kostum ini butuh waktu dua hari dan memang kami persiapkan untuk Geprada ini,” kata dia.

Dia menjelaskan, kostum dari daur ulang ini dibuat dari idenya mengajak masyarakat agar berkreativitas terutama anggota Pramuka.

BACA JUGA:800 Anggota Pramuka Berkreasi di Gelanggang UIN Raden Fatah

Seperti Tunas Kelapa yang menjadi mahkota ini menunjukkan bahwa setiap anggota pramuka yang merupakan generasi bangsa ini harus bisa diandalkan dan tetap bermanfaat kepada masyarakat.

“Sementara unsur Burung Garuda bisa dilihat dari leher yang kita buat dari kardus bekas. Kegagahan dari leher Garuda ini menunjukkan ketangguhan generasi muda dalam menghadapi tantangan,” ucapnya.

Selain itu, sayap dalam kostum tersebut juga digambarkan peta Indonesia dan lambang Pramuka. Peta Indonesia dimaksudkan sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semua yang kami gunakan untuk membuat kostum ini dari bahan bekas yang bisa didaur ulang. Kami berharap kostum ini bisa memotivasi generasi muda untuk tidak lelah dalam berkreasi,” harapnya.

BACA JUGA:Giliran New York University Tawarkan Kerjasama dengan UIN Raden Fatah Palembang

Seperti diketahui, ada 800 anggota pramuka tingkat siaga, penggalang, dan penegak berkreasi di Geprada se-Sumatera bagian Selatan tahun 2022, di Lapangan Sepak Bola Kampus A Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Ahad (31/07/2022).

“Peserta ini dari berbagai Kabupaten di Sumsel, seperti Oku Selatan, Musi Banyuasin, Muara Enim, Ogan Ilir, Banyuasin dan lainnya,” ungkap Ketua Pelaksana Geprada se-Sumbagsel UIN Raden Fatah, Diah Maumala.

Lebih jauh Diah menjelaskan, dalam kegiatan Geprada tahun 2022 ini terdapat beberapa kategori perlombaan untuk setiap tingkatan.

Cabang perlombaan untuk tingkat siaga, pengucapan Dwi Satya dan Dwi Dharma, Kemampuan Indera Melihat (KIM), dan lomba mewarnai Asmaul Husna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: