Honda

Lomba Pionering Rak Piring, Juri: Kakinya Wajib Miring

Lomba Pionering Rak Piring, Juri: Kakinya Wajib Miring

Peserta Geprada Pramuka UIN Raden Fatah Palembang saat membuat rak piring dengan pionering di lapangan sepakbola Kampus A, UIN Raden Fatah Palembang, Ahad (31/07/2022).-Foto: Sri Devi/palpres.com-

Peserta Geprada Pramuka UIN Raden Fatah Palembang saat membuat rak piring dengan pionering di lapangan sepakbola Kampus A, UIN Raden Fatah Palembang, Ahad (31/07/2022).

PALEMBANG, PALPRES.COM – Puluhan siswa yang tergabung dalam keanggotan pramuka dari berbagai sekolah di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), terlihat begitu fokus menyimpulkan bambu, di lapangan sepakbola Kampus A, UIN Raden Fatah Palembang, Ahad (31/07/2022).

Terik matahari yang tidak begitu menyengat seolah mendukung puluhan siswa yang sedang mengikuti Gelanggang Pramuka dan Pemuda (Geprada), yang digelar Pramuka UIN Raden Fatah Palembang.

Beberapa kali dewan juri melakukan monitoring untuk melihat pekerjaan dari para peserta. Selama monitoring, dewan juri sesekali bercanda dengan peserta agar tidak terlihat tegang.

“Pada prinsipnya kakinya (pondasi) harus miring. Jika tidak, ketahanan rak tidak kuat. Sebab, beberapa perkemahan seperti Jambore biasanya satu minggu sehingga kaki rak harus kuat menahan beban. Salah lihat ada satu peserta yang memposisikan kaki rak piring berdiri tegak,” kata salah seorang Dewan Juri Pionering Geprada, Nurdin Husein.

BACA JUGA:800 Anggota Pramuka Berkreasi di Gelanggang UIN Raden Fatah

Dia membeberkan, rak piring menjadi salah satu bagian penting dalam kegiatan perkemahan. Bahkan, beberapa diantara even, kekuatan rak piring yang dibuat oleh anggota pramuka dinilai oleh panitia.

“Termasuk even nasional, rak piring ikut nilai,” ujarnya.

Oleh sebab itulah, Geprada UIN Raden Fatah ini juga memperlombakan lomba pionering untuk membuat rak piring.

“Beberapa komponen yang kami nilai seperti simpul pangkal, kerapian, selanjutnya tali tidak boleh dipotong dan kekuatan ikatan talinya,” bebernya.

BACA JUGA:Kostum Unik, Kombinasikan Unsur Garuda dan Pramuka

Masih kata dia, peralatan bambu dan tali bisa dibuat berbagai jenis bentuk, bukan hanya rak piring.

Dengan peralatan tersebut, peserta sebenarnya juga bisa membuat menara segitiga, jembatan dan lainnya.

“Namun yang kita lombakan ini khusus membuat rak piring,” terang Pengurus Kwartir Cabang Pramuka Palembang Urusan Penggalang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: