Honda

Dua Desa di Lahat Wakili Sumsel di Proklim 2022 KLH

Dua Desa di Lahat Wakili Sumsel di Proklim 2022 KLH

Kabid Pengelolaan Sampah, Siti Zaleha ST MT memberikan sambutan kepada warga desa, Senin (1/8/2022).-Foto: Bernat/Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Dua desa yakni Senabing, Kecamatan Lahat dan Bandar Jaya, Kecamatan Kikim Barat mewakili Kabupaten Lahat dalam program Pengendalian Perubahan Iklim (Proklim) tahun 2022 oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat optimis, dua desa yang akan mewakili Provinsi Sumatera Selatan ini bakal meraih hasil terbaik. Terlebih selama ini pola lingkungan sehat dan bersih telah diterapkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat, Ir Agus Salman melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Lahat, Siti Zaleha ST MT mengatakan, terpilihnya Desa Senabing dan Bandar Jaya setelah melalui pendataan ke seluruh desa. 

Untuk Proklim 2022, verifikasi akan dilakukan tim dari Kementerian Lingkungan Hidup.

"Pada pelaksanaan program kampung iklim, nanti tim dari KLH akan lakukan pengecekan langsung. Sama tidak data yang dilaporkan dengan kenyataan. Kami berharap untuk desa Senabing ini dapat terus berkelanjutan dalam meningkatkan kebersihan dan menjaga lingkungan desa, untuk keberlangsungan masa depan anak cucu kita," ujarnya, Senin (1/8/2022).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Senabing, Yudi Sahri menuturkan, dirinya sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan sehingga Desa Senabing menjadi salah satu dari 81 desa di Sumsel, yang diverifikasi tim Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI untuk program Proklim 2022. 

Sebagai gambaran, selama ini pemerintah bersama masyarakat selalu berupaya menjaga pola lingkungan sehat dan bersih.

"Pemdes Senabing bersama masyarakat, Babinsa, dan Babinkamtimbmas juga melakukan sosialisasi ke warga agar tidak melakukan pembakaran lahan, guna menghindari polusi udara di musim kemarau," imbuhnya. 

Ia optimis, Desa Senabing akan meraih hasil terbaik di Proklim 2022, sehingga dapat mengangkat nama daerah.

Terpisah, perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dwi Setyo Harmojo SHut mengemukakan, sangat mengapresiasi masyarakat Senabing, yang telah berpartisipasi untuk menjadi desa Proklim tahun 2022. 

"Untuk pelaksanaan verifikasi nantinya, mohon difasilitasi mendapatkan informasi, yang akan disampaikan oleh perwakilan organisasi kemasyarakatan di Desa Senabing," pungkasnya. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: