Honda

Generasi Muda Harus Waspadai Isu Proxy War

Generasi Muda Harus Waspadai Isu Proxy War

Sekda PALI bersama Kapolres PALI dan unsur Forkopimda Foto Bersama --Foto: Berry Sandi Palpres.com

MUBA, PALPRES. COM- Di era globalisasi saat ini, isu proxy war menjadi ancaman utama bagi bangsa, karena sasarannya menyerang generasi muda.

Karenanya, generasi muda yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) harus mewaspadai isu tersebut.

"Ancaman bangsa telah memasuki sendi-sendi kehidupan bangsa dan negara. Ancaman tersebut disebut proxy war," ucap Kapolres PALI, AKBP Efrannedy SIK.

Ia menjelaskan, salah satu sasaran proxy war adalah menghancurkan generasi muda bangsa Indonesia (lost generation) yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bangsa dan integritas NKRI.

Karenanya, untuk mengantisipasi proxy war, generasi muda harus dituntut terampil, cerdas dan kompetitif, juga harus memiliki mental ideologi yang kuat, berakhlak mulia. 

"Juga harus berjiwa nasionalisme dan patriotisme, cinta tanah air, berwawasan kebangsaan serta mewarisi semangat keteladanan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," jelasnya.

Sementara, Sekda PALI, Kartika Yanti mengatakan, untuk dapat mengubah pola pikir, sikap dan perilaku pemuda ke arah yang lebih baik, generasi muda harus tetap memelihara persatuan bangsa, terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Wawasan kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar khususnya di Kabupaten PALI," katanya.

Untuk diketahui, proxy war merupakan sebuah konfrontasi antar dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan mengurangi risiko konflik langsung yang berisiko pada kehancuran fatal.

Dalam proxy war, negara yang berkepentingan, memanfaatkan potensi konflik di negara sasaran, misalnya isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). 

Hal ini melumpuhkan otak dan raga melalui penyebaran narkoba, miras, dan pornografi, serta maraknya perilaku KKN sehingga terciptanya ketidakadilan menyebabkan timbulnya kerawanan kesenjangan dan konflik sosial berkepanjangan.JOE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: