Honda

Tips Jitu Hadapi Orang Gangguan Jiwa di Tempat Umum

Tips Jitu Hadapi Orang Gangguan Jiwa di Tempat Umum

Ilustrasi, Dinsos Muratara merilis per Januari 2022 ada sebanyak 15 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) akibat mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu.-Hengki Pransis-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Bagaimana perasaan Anda jika berpapasan dengan orang gila saat berjalan di trotoar? Atau bagaimana pula setelah berpapasan dan saling melirik, orang gila tersebut malah mengejar Anda? Namun berbeda jika orang dengan gangguan jiwa tersebut sudah Anda kenal. Tentunya Anda akan bersikap biasa saat bertemu di tempat umum.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan halodoc.com, National Health Service menuliskan, sekitar 1 dari 4 orang mengalami masalah kesehatan mental setiap tahun. Ini artinya, sebagian besar kamu akan mengetahui seseorang yang sudah berjuang dengan kesehatan mentalnya.

Setiap orang semua bisa merasa cemas, stres, atau rendah diri. Hal ini mungkin wajar terjadi, tetapi tetap bisa menjadi masalah jika perasaan ini semakin memburuk, berlangsung lama, berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Menghadapi Orang dengan Gangguan Jiwa di Tempat Umum

BACA JUGA:Stop Sebut Orang Gila! Mereka ODGJ

Perlu waktu bagi orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ sembuh dari kondisi yang dialaminya. Bahkan, beberapa dari mereka mungkin memerlukan bantuan profesional. Akan tetapi, selalu ada cara untuk membantu dan mendukung seseorang untuk kembali ke kesehatan mental yang positif.

1. Tunjukkan Empati dan Katakan Kamu Bisa Membantu

Memberi tahu pengidap bahwa kamu merasa khawatir adalah cara yang baik untuk membuka percakapan. Ini akan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan orang tersebut, memiliki waktu untuk mereka, dan bahwa mereka tidak harus menutupi masalah tersebut kepadamu.

2. Berikan Keyakinan

BACA JUGA:Kenali Penyakit Jantung, Simak Gangguannya

Pertama kali ODGJ menceritakan kekhawatiran mereka adalah langkah besar. Ada baiknya untuk mengenali hal ini dan meyakinkan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa kamu selalu ada di sana untuk mendengarkan, ketika mereka perlu bercerita untuk sedikit meringankan beban yang dirasakan.

3. Tidak Memaksa

Hindari memaksa pengidap gangguan mental untuk berbicara dengan kamu atau mendapatkan bantuan. Di samping itu, hindari pula untuk bercerita atau berkonsultasi dengan dokter menggunakan nama dan masalah kejiwaan yang mereka hadapi. Hal ini dapat menyebabkan mereka merasa tidak nyaman dan semakin kehilangan kepercayaan diri.

4. Bersikap seperti Biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc