Citra Land Palembang

Pekan Adat dan Sriwijaya Travel Fair 2022 Resmi Dibuka

Pekan Adat dan Sriwijaya Travel Fair 2022 Resmi Dibuka

Peserta pekan adat saat berfoto dengan Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya di PTC Mal, Jumat (05/08/2022).-Foto: Sri Devi/palpres.com-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pekan Adat dan Sriwijaya Travel Fair 2022 resmi dibuka Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Mawardi Yahya.

Beragam kegiatan dalam pekan adat ini seperti edukasi dan pertunjukan aksara ulu, travel talk dengan tema upaya bangkitnya pariwisata di Sumsel dan lainnya.

Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya menjelaskan, kegiatan yang melibatkan 17 Kabupaten/Kota di Sumsel ini, diyakini akan memberikan dampak positif kepada generasi muda.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan literasi kepada masyarakat, terkait dengan kekayaan budaya dan seni yang dimiliki 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, serta mengenalkan budaya dari daerah masing-masing.

"Bukan hanya mengenalkan seni dan budaya saja tetapi penting juga bagi para peserta yang hadir untuk saling mengenal budaya dari masing-masing daerah lainnya," kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel Ir H Mawardi Yahya saat membuka Pekan Adat dan Sriwijaya Travel Fair 2022 di Main Atrium PTC Mall Palembang, Jumat (05/08/2022).

BACA JUGA:360 Pemangku Adat Lubuklinggau Dikukuhkan, Nanan: Sudah Dibentuk Sejak 10 Tahun Lalu

Dia menilai, kebudayaan dan adat ini bukan hanya dibanggakan dan dilestarikan tetapi budaya juga mengajarkan kepribadian yang baik bagi setiap orang seperti beradaptasi, kebersamaan dan bersilaturhami.

“Dengan keberagaman budaya, adat dan seni ini jugalah yang menjadi pemersatu masyarakat sehingga label Sumsel zero konflik dapat dipertahankan hingga saat ini,” jelasnya.

Dia berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat terutama ajang promosikan adat budaya Sumsel kepada masyarakat secara luas.

Sementara itu, Plh Kepala Disbudpar Sumsel Megawaty mengatakan, Pekan Adat Sumatera Selatan ini sudah digelar untuk tahun ketiga.

BACA JUGA:LCCM 2022 Momen Edukasi Pakaian Adat Sumsel

Kedepan pihaknya akan melibatkan sejumlah negara dalam mensukseskan kegiatan diantaranya Malaysia, Singapura dan Thailand.

“Banyak ragam acara menarik dan seru seperti tadi ada penampilan busana adat dari 17 Kabupaten/kota serta berbagai Provinsi yang ada di Indonesia, Talkshow about Travel & Tourism, Travel Exchange, Arts & Music Perfomance, Gala Dinner (B2B/Table Top) dan lainnya. Untuk itulah jangan lupa datang dan meramaikan Pekan adat Sumsel dan Sriwijaya Travel Fair ini,” ajaknya.

Sumber: