Citra Land Palembang

Makin Banyak Peminta Sumbangan HUT RI di Jalan

Makin Banyak Peminta Sumbangan HUT RI di Jalan

Remaja mengumpulkan sumbangan untuk kegiatan 17-an di jalan.-Eko Wahyudi-palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, peminta sumbangan makin ramai di jalan raya. 

Jika sebelum ini hanya di jalan-jalan tertentu saja para peminta sumbangan ini mangkal. Kini di setiap jalan ada pemuda-pemudi yang meminta sumbangan.

"Setiap jalan itu banyak peminta sumbangan. Mereka berbeda wilayah atau RT. Setiap wilayah itu ada peminta sumbangan," kata Hadiwijaya, salah seorang warga Pasar Pagaralam.

BACA JUGA:Jelang HUT Kemerdekaan RI, Pedagang Pernak Pernik Agustusan Menjamur

Beberapa remaja yang tergabung dalam Karang Taruna di wilayah masing-masing meminta sumbangan ke warga yang melintas di jalan.‬

Meskipun berpotensi membahayakan, ‪kebiasaan meminta sumbangan itu, menurut Edi, warga Jalan Gunung, memang kerap dilakukan setiap tahun. Namun dua tahun terakhir ini karena pandemi Covid-19, kegiatan tersebut ditiadakan.

"Kami tidak memaksa para pengendara menyumbang. Ini seikhlasnya saja," katanya.‬

‪Warga lain ada yang kontra dengan peminta sumbangan ini. "Maksud merayakan kemerdekaan itu baik. Tetapi cara seperti itu mengganggu pengguna jalan. Bahkan bisa menyebabkan kecelakaan atau kemacetan," cetus Imran, warga lainnya.

Ia lebih menyarankan agar minta saja sumbangan sukarela ke rumah-rumah warga. Jangan meminta-minta di tengah jalan. “Itu membahayakan,” pungkasnya. (*)

 

Sumber: